Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Pembobolan Data Penduduk, DPR Minta Audit Independen KPU

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera

JAKARTA (global-news.co.id) – Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera minta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjaga keamanan data serta memperkuat sistem informasi teknologi. Hal ini dia sampaikan karena ada dugaan 2,3 juta data warga Indonesia dari sistem KPU diklaim diretas hacker.
“KPU sebagai penyelenggara Pemilu harus menjaga keamanan data dan juga menjadikan pelajaran untuk lebih memperkuat sistem keamanan IT. Ini sangat berkaitan erat dalam menjaga trust dan kredibilitas di masyarakat,” kata Mardani, Jumat (22/5/2020).
Untuk diketahui Indonesia dikagetkan dengan klaim seorang peretas dari akun twitter @underthebreach, Kamis (21/5/2020) yang mengklaim telah membobol data 2,3 juta warga Indonesia dari sistem KPU. Dalam cuitnya ia mengatakan berhasil mendapat, data termasuk nama, alamat, nomor ID, tanggal lahir, dan lainnya
Ketua DPP PKS itu juga minta perlunya audit sistem keamanan data dan sistem informasi teknologi KPU agar tidak terulang kejadian yang sama. “Saya usulkan perlu diaudit seluruhnya oleh konsultan independen, jadi bahan masukan untuk perbaikan ke depannya,” ujar Mardani.
Selain itu, Anggota DPR asal Dapil Jakarta Timur itu juga ia minta kejadian ini menjadi pelajaran kepada pemerintah agar sistem keamanan data nasional ditinjau ulang.
”Harus jadi momentum meninjau keamanan data kependudukan nasional, saya mengusulkan program KTP elektronik yang saat ini sifatnya sentralistis sekaligus ditinjau ulang keamanan data dan sistem IT nya agar tidak mendatangkan bencana nasional,” pungkasnya. ejo, gel

baca juga :

Arumi Ajak Perempuan Jatim Manfaatkan Internet di Era Industri 4.0

Redaksi Global News

UMKM Masyarakat Sekitar Tambang Unjuk Gigi Saat KTT ASEAN Summit

BNI dan Kementerian PUPR Kerja Sama Ciptakan Kartu Multifungsi untuk Pekerja di IKN

Redaksi Global News