Keluar dari Zona Hijau, Sampang Masuk Zona Merah Corona

Kini Kabupaten Sampang masuk zona merah setelah ada satu warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

SAMPANG (global-news.co.id) – Setelah lama masuk zona hijau alias steril dari pasien positif corona, kini Kabupaten Sampang masuk zona merah setelah ada satu warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19. Hal ini berdasarkan peta sebaran COVID-19 yang dirilis infcovid19.jatimprov.go.id per 12 Mei 2020.

Peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Sampang menunjukkan satu orang positif. Kemudian 427 Orang Dalam Pantauan (PDP) dan Nol Pasien Dalam Perawatan (PDP).

Humas Gugus Tugas COVID-19 Sampang H Djuwardi membenarkan hal tersebut. Dia menerangkan, satu warga yang positif COVID-19 itu terkonfirmasi awal dari data Pemprov Jatim dalam peta sebaran terbarunya, pada Selasa (12/5/2020) petang. “Benar, satu warga kami positif COVID-19 berdasarkan hasil swab PCR,” jelas H Djuwardi.

Kepala Dinas Kominfo Kab Sampang itu menguraikan, ada tiga orang yang dilakukan tes Swab PCR. Di antaranya inisial A warga Kelurahan Rongtengah, inisial S Kecamatan Camplong dan Inisial H Kecamatan Karang Penang. “Kita melakukan tes swab pada 27 April 2020 namun yang keluar hasil tesnya hanya satu orang yang positif tadi sore dengan inisial A,” jelasnya.

Menurutnya, untuk pemeriksaan tes swab PCR memakan waktu sekitar satu minggu. Sehingga pada hari ini juga yang bersangkutan inisial A dilakukan tes swab PCR kembali untuk memastikan apakah virus COVID-19 masih berada dalam tubuhnya atau tidak.

Kendati demikian, dirinya mengimbau agar masyarakat Sampang untuk tidak panik dan tetap menjalankan protokol pencegahan COVID-19 dengan menerapkan pola hidup sehat, juga rutin cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. “Penetapan positif COVID-19 dikonfirmasi oleh pihak Pemprov Jatim tadi sore, kita harapkan masyarakat untuk tetap tenang dan waspada,” pungkasnya. zis, yan