Gandeng Organisasi Kepemudaan, Demokrat Salurkan Bantuan Sembako ke Mahasiswa

Muda Mudi Demokrat Jatim bekerjasama dengan organisasi mahasiswa ekstra kampus seperti PMII, HMI, GMNI dan lainnya membantu mahasiswa yang tak bisa mudik dan masyarakat sekitar yang terdampak COVID-19.

SURABAYA (global-news.co.id) —
Instruksi DPP Partai Demokrat kepada seluruh kader partai berlambang segitiga Mercy di seluruh Indonesia untuk membantu penanganan pandemi COVID-19, nampaknya dilaksanakan dengan baik oleh DPD Partai Demokrat Jatim bersama Muda Mudi Demokrat (MMD) Jatim. Mereka aktif membagikan ribuan paket sembako ke masyarakat yang membutuhkan.
Bahkan di penghujung Ramadan 1441 Hijriyah, Muda Mudi Demokrat Jatim bekerjasama dengan organisasi mahasiswa ekstra kampus seperti PMII, HMI, GMNI dan lainnya membantu mahasiswa yang tak bisa mudik dan masyarakat sekitar yang terdampak COVID-19.
“Kerjasama MMD Jatim dengan mahasiswa ini atas masukan dari teman-teman MMD yang masih aktif di organisasi pergerakan mahasiswa karena banyak mahasiswa yang tidak bisa mudik Lebaran dan membutuhkan bantuan sehingga bansos Partai Demokrat Jatim bisa tepat sasaran,” ujar Sekretaris DPD MMD Jatim Reno Zulkarnaen saat ditemui di Kantor DPD PD Jatim Jalan Kertajaya Surabaya, Kamis (21/5/2020).
Selain memberikan bantuan kepada masing-masing organisasi kemahasiswaan sebesar 400-500 paket sembako, pihaknya juga menggelar diskusi santai sambil menunggu buka bersama. “Kita ingin sharing dan masukan dari teman-teman mahasiswa karena sebagian anggota Muda Mudi Demokrat juga anak-anak muda,” ungkap anggota Komisi A DPRD Jatim ini.
Sementara itu, Ketua PKC PMII Jatim Abdul Ghoni menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerjasama antar OKP dengan Partai Demokrat. “Semua OKP pada awalnya membuat gerakan peduli COVID-19. Kami menerapkan kegiatan filantropi dengan bergandengan bersama organisasi yang lain termasuk dengan Partai Demokrat yang memiliki kegiatan sama,” katanya.
Nantinya, pihaknya akan melanjutkan penyaluran bantuan, bukan hanya untuk rekan anggota, namun juga mahasiswa lainnya. “Ada beberapa tujuan penyaluran bantuan ini. Yakni, mahasiswa yang tak pulang kampung, masyarakat terdampak, juga masyarakat di kawasan yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” jelas Ghoni.
Sebelumnya, Partai Demokrat Jawa Timur juga telah mendistribusikan bantuan untuk warga terdampak COVID-19. Apabila diakumulasikan, jumlahnya mencapai puluhan ribu paket sembako.
Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim Bayu Airlangga menjelaskan bahwa untuk menyelesaikan pandemi global tersebut memerlukan kerja bersama. “Bukan hanya soal penyakitnya, namun juga dampak ekonominya yang diakibatkan oleh COVID-19,” kata Bayu ketika dikonfirmasi.
Saat ini, distribusi bantuan oleh Demokrat Jatim terus berjalan selama Ramadan. Bukan hanya oleh pengurus di elit Demokrat Jawa Timur yang mencapai 12 ribu paket sembako, penyaluran ini juga diikuti oleh para pengurus DPC Kabupaten dan Kota.
“38 kabupaten/kota di Jawa Timur sudah merespon untuk melakukan kerja bersama. Rata-rata masing-masing kabupaten/kota menambahkan 2.000-3.000 sembako,” kata Bayu yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim ini. cty