Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

BI Hentikan Kliring 3 Hari, Bank Mandiri dan BNI Siapkan Operasional Terbatas

 

BNI hanya akan membuka sebanyak 23 outlet selama masa libur Lebaran pada 22, 22, 23 dan 25 Mei 2020.

JAKARTA (global-news.co.id) –– Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan jadwal operasional selama libur Lebaran 2020. Industri perbankan pun menyesuaikan agenda operasional dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia tersebut.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menjelaskan, jadwal yang dikeluarkan oleh BI ini guna menyediakan infrastruktur bagi pelayanan kepentingan transaksi perbankan untuk masyarakat.

Rinciannya, kegiatan Operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) ditiadakan pada Kamis, Jumat, dan Senin, atau mulai 21, 22 dan 25 Mei 2020.

“Demikian juga seluruh kegiatan penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) pada tiga hari yang sama itu juga ditiadakan. Termasuk, layanan kas pada tiga hari tersebut, ditiadakan,” jelas dia dikutip dari keterangan tertulis kemarin.

BI juga meniadakan Transaksi Operasi Moneter Rupiah dan Valas pada Kamis, Jumat dan Senin atau 21, 22 dan 25 Mei 2020. Di tiga hari tersebut BI tidak menerbitkan Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR). “Kurs Bank Indonesia menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir,” kata Onny.

Berkaitan dengan Kegiatan Operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonesia Overnight Index Average (IndONIA) pada tiga hari tersebut, BI meniadakan Pelaporan Laporan Harian Bank Umum (LHBU) termasuk kuotasi JIBOR. BI tidak menerbitkan IndoNIA dan JIBOR. “Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank,” pungkas Onny.

Sementara itu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menyediakan sebanyak 121 kantor cabang untuk beroperasi secara terbatas pada periode libur Lebaran 2020, yakni 21-25 Mei 2020.

Kantor-kantor tersebut akan memberikan layanan sejak pukul 09.00 hingga 14.00 waktu setempat. Khusus pada 24 Mei 2020 yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri, seluruh kantor Bank Mandiri tidak beroperasi.

Direktur Operasi Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi cek saldo, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah, termasuk pada hari besar keagamaan. Tahun ini, jumlah cabang yang beroperasi memang lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena mengkuti pemberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” tuturnya.

Panji menyatakan, informasi lengkap tentang cabang-cabang yang operasional pada periode libur tersebut dapat diakses melalui link bmri.id/operasionalcabang serta layanan Mandiri Call 14000.

Sedangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI hanya akan membuka sebanyak 23 outlet selama masa libur Lebaran pada 22, 22, 23 dan 25 Mei 2020.

Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati mengatakan, 23 outlet tersebut akan menyediakan layanan penerimaan Online Payment Banking System (OPBS) Pertamina pada empat hari tersebut, dengan jam operasi mulai pukul 10.00-12.00 waktu setempat.

“Dengan demikian, selama masa libur pada 21, 22, 23 dan 25, seluruh outlet BNI libur, kecuali di 23 outlet. Namun, khusus pada hari pertama Idul Fitri 1441 H, pada 24 Mei 2020, seluruh outlet kami tutup. Mulai 26 Mei 2020, operasional berjalan seperti biasa,” terangnya.

Wanita yang akrab disapa Susi ini melanjutkan, layanan perbankan tetap dapat diberikan melalui channel-channel elektronik BNI setiap harinya selama 24 jam, baik via ATM, internet banking, SMS banking, mobile banking, Agen46, maupun Call Center BNI. “Kami juga mengoptimalkan Layanan Digital dalam pembukaan rekening atau BNI Sonic di 126 lokasi,” kata Susi. jef

baca juga :

Liga 1: Tekad Sho Cetak Gol dan Kalahkan Borneo Lagi

Redaksi Global News

Jungkir Balik Perjuangan para Nakes Tangani Covid-19 di Surabaya

Titis Global News

Saat Tinjau GBT, Disbuporapar Sebut FIFA Tak Beri Catatan Apapun

Redaksi Global News