Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Arab Saudi Akan Lockdown saat Perayaan Idul Fitri

Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan kebijakan lockdown secara nasional saat libur Idul Fitri untuk mencegah penyebaran virus corona.

RIYADH (global-news.co.id) — Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan kebijakan lockdown secara nasional saat libur Idul Fitri untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kementerian Dalam Negeri mengambil keputusan tersebut pada Selasa (12/5/2020) ketika jumlah paparan virus melonjak. Arab saat ini menjadi negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di wilayah Teluk.

Dikutip dari pernyataan kementerian yang dirilis kantor berita Arab Saudi, lockdown secara penuh akan diberlakukan di negara tersebut pada 23-27 Mei yang bertepatan dengan hari perayaan Idul Fitri.

Penguncian wilayah sudah dilakukan di banyak lokasi, namun bulan lalu pemerintah melonggarkan pembatasan pada pukul 09.00 hingga 17.00.  Mal dan toko sudah kembali dibuka, kecuali di lokasi-lokasi tertentu termasuk Makah yang merupakan daerah dengan kasus tinggi meskipun telah dilakukan penguncian wilayah secara ketat. Upaya lain yang dilakukan Saudi untuk mengontrol penyebaran virus corona adalah menutup bioskop dan restoran serta menghentikan penerbangan.

Kementerian Kesehatan menyatakan jumlah kematian COVID-19 meningkat menjadi 264 dari total kasus 42.925, sementara 15.257 orang telah pulih. Arab Saudi sebelumnya menghentikan kegiatan umrah karena khawatir akan penyebaran penyakit di kota suci Makah.

Pihak berwenang belum mengumumkan kegiatan haji tahun ini, yang dijadwalkan berlangsung akhir Juli. Kendati demikian umat Islam di dunia diharap menunda sementara persiapan perjalanan haji. Tahun lalu setidaknya ada 2,5 juta umat Muslim mengunjungi Arab untuk menjalankan rukun Islam kelima.

Raja Salman telah memperingatkan situasi pelik yang akan dihadapi sebagai dampak dari pandemi ini, karena selain masalah kesehatan dan keselamatan warga ada pula problem harga minyak yang jatuh dan memukul ekonomi. yan, cnn

baca juga :

 Sangat Dibutuhkan Warga, Pesantren Pengusul Proposal Beasiswa Santri Mencapi 100 Lebih

gas

Dwi Hari Tjahyono Resmi Ketua Fraksi Keadilan Bintang Nurani Jatim

Redaksi Global News

Layanan Premium Pengiriman Barang Bergaransi Kepastian

Redaksi Global News