Update Kasus COVID-19: Pasien Positif 4.241 Orang dan 373 Orang Meninggal

Achmad Yurianto

JAKARTA (global-news.co.id)–Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 di Indonesia hingga Minggu (12/4/2020) sore  tercatat 4.241 dan 373 orang meninggal dunia.
“Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 399, sehingga jumlah menjadi 4.241 kasus (positif corona),“ kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dalam konferensi pers live streaming di Graha BNPB Jakarta Timur, Minggu (12/4/2020) sore.
Kemudian pasien yang meninggal dunia sebanyak 373 orang, bertambah 46 orang dari data kemarin.
Kasus tersebut, kata Yuri, sudah tersebar di 34 provinsi yang ada di Indonesia.
Pemerintah terus megingatkan masyarakat pakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, jaga jarak, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah dari rumah, jangan berpergian tetap di rumah, ini cara yang paling tepat untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Yuri juga mengatakan, pemerintah telah melakukan pemeriksaan terhadap lebih dari 27 ribu orang lebih melalui metode real time PCR.

“Sampai dengan hari ini sudah lebih dari 27.000 orang yang kita periksa dengan menggunakan metode PCR real time,” ujarnya.

Menurut Yuri langkah pengetesan melalui PCR tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mencari kasus positif corona di Indonesia.

“Ini menunjukan bahwa kita memang secara serius akan mencari kasus positif yang ada di masyarakat,” tutur dia.

Lebih lanjut Yuri menuturkan bahwa sudah ada 60 laboratorium yang dipergunakan untuk memeriksa spesimen pasien corona dari seluruh rumah sakit di Indonesia.

“Sudah lebih dari 60 laboratorium kita aktifkan dengan kapasitas yang semakin kita tingkatkan, untuk memeriksa spesimen yang kita ambil dari rumah sakit-rumah sakit yang ada di Indonesia,” paparnya. jef, tri, ins