Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Umat Muslim Diimbau Tidak Berziarah Kubur Jelang Ramadan

Zainut Tauhid Sa’adi

JAKARTA(global-news.co.id)— Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengimbau supaya umat muslim untuk tidak melakukan ziarah kubur menjelang Ramadan di tengah masa pandemi COVID-19.
Sebagai gantinya, Wamenag menganjurkan agar ziarah kubur diganti dengan memanjatkan doa bagi orangtua maupun keluarga yang telah berpulang ke rahmatullah dari rumah saja.
“Mengingat pandemi COVID-19 sampai dengan Ramadan kemungkinan besar belum mereda, sebaiknya agenda ziarah kubur ditiadakan dan diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing. Insya Allah nilai pahalanya tidak berkurang sedikit pun,” kata Zainut melalui siaran pers, Senin (20/4/2020).
Wamenag juga menganjurkan agar umat Islam mengeluarkan zakat mal untuk disegerakan guna membantu masyarakat lain yang terdampak COVID-19.
Begitu pula halnya soal zakat fitrah. Dia menganjurkan agar zakat fitrah tak harus menunggu akhir Ramadan. “Sebaiknya dibayarkan pada awal bulan Ramadan dan tidak harus menunggu sampai akhir Ramadan,” katanya.
Selain ziarah kubur dan pembayaran zakat, Wamenag juga mengingatkan agar umat muslim untuk meluruskan niat jelang Ramadan dan melakukan silaturahim dengan kerabat dan orangtua.
Sementara itu, untuk melakukan silaturahim jelang Ramadan, Zainud juga mengingatkan agar masyarakat untuk tetap memperhatikan dan menjaga jarak fisik.
“Silaturahim dan saling meminta maaf bisa dilakukan melalui media sosial atau media daring mengingat masih ada kebijakan untuk physical distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” katanya. ejo, tri

baca juga :

Gelar Doa Bersama Netizen Sambut HUT Humas Polri Ke-72

Redaksi Global News

Wagub Emil Fasilitasi Generasi Muda Agar Terus Berinovasi

Titis Global News

Indonesia Masters 2021, Greysia/Apriyani Lengkapi 4 Wakil Indonesia di Perempat Final

Redaksi Global News