Token Gratis Lewat WhatsApp Bisa Diakses Pekan Depan

Panduan untuk mengetahui yang mendapat subsidi listrik dan tidak.

JAKARTA – PT PLN (Persero) telah menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA untuk meringankan dampak ekonomi dari virus corona baru atau COVID-19. Sementara bagi pelanggan PLN dengan daya 900 VA subsidi, ada keringanan dari pemerintah berupa diskon tarif listrik sebesar 50%.
Kebijakan listrik gratis 3 bulan berlaku untuk bulan April, Mei dan Juni 2020. Untuk menikmati kebijakan tersebut, dapat diakses dengan mudah.
Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, ada dua cara mendapatkan token gratis, yaitu mengakses situs PLN dan kedua melalui nomor WhatsApp 08122-123-123.
“Jadi jika pelanggan menggunakan aplikasi WhatsApp, cukup hanya masuk ID pelanggan. Kemudian akan ada balasan token listrik gratis yang bisa langsung dimasukkan pada KWh meter untuk mendapatkan diskonnya,” ujar Darmawan pada telekonfrensi di BNBP Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Kode RI-M menandakan yang bersangkutan masuk.kelompok mampu meski rumah berdaya 900VA.

Namun lanjut Darmawan, layanan WhatsApp baru bisa dipakai pada Senin (6/4/2020) . Hal itu dikarenakan, terdapat sedikit masalah pada kapasitas sistem WhatsApp. “Masalah ini bukan dari PLN, melainkan ada upgrade server dari WhatsApp, mudah-mudaha Senin depan  bisa dilakukan,” ungkapnya
Darmawan menambahkan, untuk golongan listrik 900VA yang mendapatkan diskon hanya pelanggan yang bersubsidi saja. Untuk mengetahuinya, pelanggan dapat melihat struk pembelian token. “Kodenya R1-M. Nah, “M” ini artinya mampu meski 900 VA, jadi mohon maaf yang non subsidi atau mampu ini tak eligiable untuk dapat diskon 50 persen,” ujarnya.
Hal yang sama juga berlaku untuk pelanggan pasca bayar. Apabila melihat struk pembayaran tertera kode R1-M, maka disebut mampu atau non subsidi sehingga tak eligiable untuk mendapatkan insentif dari pemerintah. ejo, tri, sin