Satgas PWNU Jatim Tanggap COVID-19, Salurkan APD dan Sembako bagi Warga Terdampak

Tim Satgas NU Jatim Tanggap Covid-19 menyerahkan bantuan APD ke Ketua PCNU Tulungagung.

Perhatian Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur terhadap dampak pandemi virus Corona atau Covid-19, patut diacungi jempol. Berbagai bantuan disiapkan PWNU Jatim untuk mendukung penaganan Covid-19. Seperti apa?

 

Tim Satuan Tugas (Satgas) NU Jawa Timur Tanggap Covid-19 bekerja ekstra keras untuk mendukung kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, dalam menangani pandemi virus Corona. Selasa (28/4/2020) malam, Tim Tagana NU Jatim Tanggap Covid-19, menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tim medis di beberapa Rumah Sakit (RS) di Jawa Timur.

Penyaluran bantuan ini didistribusikan melalui Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, maupun langsung ke rumah sakit yang dituju. Untuk kali ini, tim Satgas NU Jatim menyalurkan bantuan ke PCNU Kota Kediri dan Tulungagung, masing-masing menerima bantuan 50 APD.

Di Kota Kediri, tim Satgas NU Jatim yang diwakili Saiful Amin menyerahkan bantuan kepada perwakilan PCNU Kota Kediri. “Sesuai rencana, APD ini nantinya akan diberikan kepada RSI Lirboyo,” kata Amin yang juga Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Jatim, Selasa (28/4/2020) malam.

Selain menyerahkan bantuan ke PCNU Kota Kediri, tim juga menyalurkan bantuan serupa ke PCNU Tulungagung. Di kantor NU setempat, tim Satgas disambut langsung Ketua PCNU Tulungagung, KH Abdul Hakim Musthofa bersama jajarannya, dan tim Satgas NU setempat. Tampak juga Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim, dan Humas RSUD dr Iskak Muhammad Rifa’i juga hadir untuk ikut menyaksikan pemberian bantuan tersebut.

Selain APD, LPBI NU Jatim bekerjsama dengan donator juga menyerahkan ratusan sembako kepada warga terdampak melalui PCNU Tulungagung. Sembako berisi beras, minyak goreng, dan mie instan ini, diharapkan bisa membantu kebutuhan warga terdampak Covid-19.

“Untuk penyerahan bantuan ini kami pasrahkan kepada tim dari PCNU Tulungagung. Karena mereka yang mengetahui kondisi di lapangan,” kata Amin.

Sementar itu, Ketua PCNU Tulungagung KH Abdul Hakim Musthofa mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Menurutnya, saat ini banyak rumah sakit, puskesmas maupun klinik membutuhkan APD. “Semoga bantuan dari para donatur yang disalurkan melalui PWNU Jatim ini bermanfaat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Humas RSUD dr Iskak maupun Wakil Ketua DPRD Tulungagung, mengajak tim Satgas NU Jatim Tanggap Covid-19 mengunjungi lokasi karantina warga yang positif Covid-19 di Rusunawa IAIN Tulungagung.

Rifa’i menjelaskan, di lokasi karantina tersebut terdapat 24 pasien yang kini mendapat pengasan serius dari tim dokter. “Pasien ini mendapat berbagai fasilitas kesehatan. Makannya dijamin, dan kalau pagi mereka diajak untuk berolahraga,” kata Rifa’i, yang juga Ketua PC ISNU Tulungagung ini.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD setempat, Adib Makarim ikut menyalurkan kebutuhan sabun, hand sanitizer, hingga sarung tangan yang kini sangat dibutuhkan petugas.

“Untuk penanganan Covid-19, kita sudah mengajukan anggaran Rp 7 miliar agar segera dicairkan, selain anggaran Rp 77 miliar yang sudah disiapkan oleh Pemkab,” kata politisi PKB ini.

Ia berharap, masyarakat ikut mematuhi aturan pemerintah agar tetap di rumah. Menurutnya, peran serta masyarakat ini bagian dari ikut melawan pademi Covid-19 yang kini semakin merajalela. “Kami berharap masyarakat berdiam diri saja di rumah. Kalau pun keluar, untuk keperluan yang penting saja,” pungkasnya. sir