Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh 24 April 2020

Penetapan awal puasa ditetapkan berdasar hasil pemantauan hilal yang dilakukan oleh tim falakiyah rukyatul hilal Kemenag di 102 titik.

JAKARTA (global-news.co.id)– Sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1441 jatuh pada Jumat (24/4/2020). Kamis malam ini umat Islam di Tanah Air dianjurkan untuk melaksanakan Salat Tarawih pertama.
“Menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriyah jatuh pada esok hari, bertepatan hari Jumat tanggal 24 April 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi seperti disiarkan melalui akun Youtube resmi Kemenag Kamis (23/4/2019) malam.
Hasil sidang isbat Kemenag tidak berbeda dengan hasil hisab wujudul hilal oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah yang telah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Jumat besok.
Dalam sidang isbat kali ini, Kemenag melakukan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Para ahli dan tokoh-tokoh terkait dilibatkan dalam pelaksanaan sidang isbat secara online.
Mereka berasal dari Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.
Sementara, Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin mengungkapkan, pemantauan hilal dilakukan oleh tim falakiyah rukyatul hilal Kemenag di seratusan titik. “Kami melakukan pantauan di 102 titik di Indonesia,” katanya. tri, ine

|