Komitmen Bantu UMKM Indonesia, Shopee Berikan Stimulus Ekonomi Rp 100 Miliar

 

Program bantuan kesejahteraan berfungsi sebagai stimulus ekonomi untuk para pihak terdampak COVID-19 dengan total anggaran Rp 100 miliar.

JAKARTA (global-news.co.id) – Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, memberikan program bantuan kesejahteraan yang berfungsi sebagai stimulus ekonomi untuk para pihak terdampak dengan total Rp 100 miliar melalui program Dukungan COVID-19 100M Shopee.
UMKM menjadi sektor yang terkena dampak paling berat di tengah situasi  pandemi saat ini dan untuk menjaga daya saing, program COVID-19 100M Shopee diluncurkan. Pandemi COVID-19 tengah menyebabkan perputaran konsumsi dan daya beli masyarakat melemah. Diharapkan stimulus Shopee yang ditujukan bagi para pihak terdampak bisa menjaga keberlangsungan akses masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan esensial – yang juga menjadi kunci berputarnya roda perekonomian Indonesia. Mitra penjual UMKM Shopee adalah sasaran utama dalam penyaluran bantuan ini.

Selain dapat membantu mitra-mitra penjual UMKM Shopee, program ini diharapkan bisa membantu masyarakat Indonesia yang terkena dampak tidak langsung dari pandemi COVID-19. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI, dampak dari COVID-19 yang paling parah akan terjadi di kuartal 2 dan 3, di mana pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi hanya akan tumbuh sebesar 2,3%. Diperlukan stimulus ekonomi yang besar untuk dapat menjaga kesehatan dan kesinambungan pertumbuhan di Indonesia.

Direktur Shopee Indonesia  Handhika Jahja menjelaskan di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini, Shopee merasa perlu untuk terus mengedepankan inisiatif yang berfokus kepada meringankan beban mitra UMKM. Melalui inisiatif Dukungan COVID-19 100M Shopee, pihaknya memberikan stimulus kepada mereka yang paling terdampak agar semua tetap bisa berdaya. “Kami berharap inisiatif yang kami lakukan bisa membantu meringankan beban semua mitra-mitra penjual UMKM, pembeli, dan karyawan garda terdepan Shopee yang terkena dampak dari pandemi COVID-19 sehingga kita semua tetap bisa berdaya,” katanya dalam rilis yang diikirim ke redaksi, Senin (13/4/2020).
Pihaknya percaya akan adanya kekuatan di balik setiap gerakan. Inisiasi stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee juga merupakan bentuk lain dari tanggung jawab sosial untuk masyarakat Indonesia. Harapannya stimulus ini bisa sedikit membantu para pihak terdampak utamanya mitra UMKM untuk mulai menata hidupnya kembali dari rumah, dan kegiatan ekonomi bisa tetap terjaga.
Selain mitra UMKM, Shopee juga turut memberikan perhatiannya kepada pembeli untuk tetap menjaga konsumsi masyarakat dan karyawan garda terdepan yang ditempatkan di gudang dan jasa antar agar tetap berdaya.
Sedangkan detil program stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee yang diberikan fokus pada mengurangi biaya operasional serta meningkatkan kemudahan pemasaran untuk UMKM.
Memberikan bantuan tambahan modal hingga Rp 1 juta dalam bentuk voucher kepada setiap mitra penjual agar para penjual dapat terus menjalankan usahanya secara normal.
Untuk mitra penjual baru, Shopee memberikan modal awal hingga Rp 1 juta  dalam bentuk voucher, gratis layanan program Gratis Ongkir Xtra.
Sedangkan untuk meningkatkan daya beli pengguna, ada permainan.yang membuat pengguna  bisa mendapatkan THR dengan total Rp 10 miliar. Juga ada subsidi ongkir dan diskon untuk barang-barang kebutuhan pokok. ejo, tri