Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Jenazah Pasien Corona yang Sudah Dikubur Tak Tularkan Virus

Masyarakat diminta tak panik, jenazah penderita virus corona yang sudah dikubur tidak akan menularkan virus.

JAKARTA (global-news.co.id) — Banyak masyarakat Indonesia yang hingga kini masih menganggap virus corona atau COVID-19 bisa ditularkan oleh jenazah pasien positif corona yang sudah dikuburkan.
Menyikapi ini pakar kesehatan ikut buka suara. Ahli kesehatan sekaligus Dirut Rumah Sakit Jakarta Sukapura Umi Sjarqiah menepis anggapan tersebut.
“Sekali lagi saya tekankan jenazah (penderita virus corona) yang sudah dikubur tidak akan menularkan virus,” kata Sjarqiah dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube BNPB, Sabtu (4/4/2020).
Dia mengatakan ada beberapa hal yang harus dihindari terkait penanganan jenazah penderita virus vorona.
Sjarqiah mengungkapkan jika masyarakat harus menghindari kontak dengan cairan tubuh jenazah yang keluar dari mulut, hidung, mata, anus, kemaluan, maupun luka-luka di kulit jenazah.
“Kemudian, bungkus jenazah dengan plastik lalu kain kafan, lalu plastik lagi, kemudian kantong jenazah dan kemudian peti. Itu hal yang harus diketahui masyarakat,” katanya.
Umi Sjarqiah juga mengingatkan petugas penanganan jenazah harus segera melakukan disinfeksi diri dan memakai APD. Dia memastikan jika semua prosedur tersebut dilakukan maka penularan virus tidak akan terjadi.
“Perlindungan diri yang benar bagi petugas pengelola jenazah, disinfeksi diri dan APD setelah penanganan. Jadi bapak Ibu nggak usah khawatir kalau semua hal itu sudah dilakukan Insha Allah aman,” imbuhnya.
Untuk itu, Umi Sjarqiah meminta Jenazah Pasien Corona yang Sudah Dikubur Tak Tularkan Virus
“Jangan khawatir dan jangan panik, apalagi sampai melakukan penolakan pemakaman. Terpenting, lakukan perlindungan diri yang benar, gunakan APD yang baik terus dan siarkan tentang edukasi ini ke masyarakat. Jadi jangan tolak jenazah pasien COVID-19. Pasien COVID-19 itu juga saudara kita dan bapak Ibu juga penghormatan kita harus kita berikan dengan baik,” pungkasnya. pur, dtk

baca juga :

Peringatan BBGRM ke-17 dan HKG PKK ke-48, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Fokus Mitigasi Bencana Alam

Redaksi Global News

SEA Games Vietnam, Gubernur Khofifah Beri Bonus Beasiswa bagi Atlet Selam Jatim

Jumat Berkah, Kepedulian Si Propam Polresta Sidoarjo