Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Jatim Siap Distribusikan BLT dari Dana Desa Rp 2,32 Triliun

Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA (global-news.co.id) — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa siap mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa senilai Rp 2,32 triliun. Bantuan untuk jutaan keluarga yang menjadi miskin akibat dampak sosial ekonomi pandemik virus corona baru atau COVID-19.
“Konversi BLT dari potensi dana desa ini maksimal 35 persen atau setara Rp 2,32 triliun yang segera didistribusikan kepada keluarga terdampak sosial ekonomi COVID-19,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020) malam.
Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan total dana desa yang telah dikucurkan pemerintah pusat untuk seluruh kabupaten/kota di wilayahnya senilai Rp 7,65 triliun. Gubernur Khofifah menyebut saat ini terdata sebanyak 1.286.374 keluarga miskin di seluruh kabupaten/kota wilayah Jawa Timur.
“Setiap keluarga akan mendapatkan BLT dari dana desa selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2020, masing-masing nilainya Rp 600 ribu,” ucapnya.
Gubernur perempuan pertama di Jatim itu merinci sasaran BLT dana desa adalah keluarga yang kehilangan mata pencaharian dan belum mendapat bantuan sosial berupa BLT maupun Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial. Selain itu, sasaran BLT juga pada warga yang tidak tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
Ia menambahkan keluarga kurang mampu yang memiliki anggota sakit menahun juga dinilai layak untuk mendapatkan BLT dana desa. “Pendistribusiannya akan dilakukan oleh kepala desa dalam koordinasi bupati atau wali kota di wilayahnya masing-masing,” ujar orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

514 Orang di Jatim Positif
Di sisi lain, berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jatim hingga Kamis (16/4/2020)  pukul 17.00, jumlah pasien terkonfirmasi positif di Jatim saat ini mencapai 514 orang. Angka ini bertambah 15 orang dibanding sehari sebelumnya yang berjumlah 499 orang.
Kemudian warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di.Jatim mencapai 1.717 orang atau bertambah dari data sehari sebelumnya 1.621 orang. Sementara itu Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat 15.674 orang atau meningkat dari sehari sebelumnya sejumlah 15.328 orang. fan, tis

baca juga :

Fokus Berbenah, Partai Demokrat Siap Beri Kejutan di 2019

Redaksi Global News

Awal 2017, 1.650 Penderita Gangguan Jiwa Masih Dipasung

Redaksi Global News

Oknum Guru Pemukul Siswa SMPN di Surabaya Dimutasi

Redaksi Global News