Hasil Rapid Test, Polisi Temukan 2 Warga Surabaya Positif Corona Masih Berkeliaran di Warkop

SURABAYA (global-news.co.id) — Jajaran petugas dari Polda Jawa Timur (Jatim) menggelar rapid test di sejumlah titik tongkrongan warga Kota Surabaya, Selasa (14/4/2020) . Hasilnya dua orang pengunjung salah satu warung kopi (warkop) terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona baru atau COVID-19.

Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, dua orang yang dinyatakan positif COVID-19 ini merupakan warga Jalan Raya Gunungsari I dan Jalan Karah Jambangan Kota Surabaya.

“Malam ini kami melakukan razia di lokasi kerumunan dan tempat nongkrong seperti warkop dan kafe. Hasilnya, dua pengunjung warkop positif corona,” kata Kombes Pol Trunoyudo di Kota Surabaya, Rabu (15/4/2020).

Mereka yang dinyatakan positif, kata dia, langsung mendapat penanganan dari tim gabungan Penanganan COVID-19 Jatim. Kedua warga ini dilarikan ke RS Bhayangkara Surabaya untuk mendapat pemeriksaan lanjutan.

“Warkopnya sudah kami semprot (disinfektan), juga kendaraannya. Sementara ini dua warkop tempat dua pengunjung positif tersebut, langsung ditutup,” ujar dia.

Temuan dua orang positif COVID-19 tersebut, kata dia, diharap menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk menaati imbauan pemerintah melakukan social dan physical distancing. Warga lebih baik tetap berada di dalam rumah bila tidak ada hal mendesak.

Sementara itu Karoops Polda Jatim Kombes Pol Muhammad Firman, menambahkan razia semacam ini akan terus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Lokasi yang menjadi targetnya yakni titik kerumunan warga dan tempat tongkrongan.

“Ya, lokasi tempat nongkrong. Kami langsung melakukan penyemprotan oleh Tim Kimia Biologi Radio Aktif Gegana Brimob Polda Jatim,” tutur perwira menengah tersebut. pur, ine