Glenn Fredly Meninggal Dunia

Glenn Fredly

JAKARTA (global-news.co.id) – Industri musik tanah air berduka. Penyanyi Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) lantaran penyakit meningitis yang diidapnya.

Vokalis dan aktivis Kadri Mohamad mengatakan Glenn meninggal di RS Setia Mitra.  “Glenn meninggal sekitar jam 6 habis maghrib di RS Setia Mitra. Penyakitnya meningitis, itu yang saya dapat dari manajemen dan yang lain-lain,” kata Kadri Rabu malam.

Kabar meninggalnya penyanyi berbakat itu juga disampaikan teman-teman Glenn sesama pemusik, Rian D-Masiv, Tompi, Kunto Aji lewat akun media sosialnya. Lewat akun twitter-nya, Rian Ekky yang vokalis D-Masiv mengatakan, “Bung Glenn fredly orang baik.. musisi panutan.. innalilahi wainnailahi rajiun… telah berpulang salah satu musisi terbaik yang saya.”  Rian juga memasang foto kenangannya bersama penyanyi yang populer lewat lagu Terserah tersebut.

Kabar duka itu juga disampaikan , Tompi, lewat pesan Whatsapp.  “Telah berpulang saudara kami, Glenn friedly, malam ini. Mhn dimaafkan semua salahnya. Dia yg selalu hadir menggerakkan kita semua,” ujar Tompi yang bersama Glenn dan Sandhy Sondoro membentuk kelompok vokal bernama Trio Lestari.

Sedang solois Kunto Aji di akun twitter-nya M Z J U N menulis, “Rest In Love kaka @GlennFredly.”

Sebelumnya, Glenn dikabarkan sempat dirawat di rumah sakit pada Maret 2020. Seminggu kemudian, penyanyi yang pada Agustus 2019 lalu menikah dengan penyanyi dangdut sekaligus model, Mutia Ayu, ini meninggalkan rumah sakit.

Glenn Fredly merupakan musisi dan pencipta lagu yang mulai terkenal sejak membawakan lagu Kasih Putih pada awal 2000-an. Lahir dengan nama Glenn Fredly Deviano Latuihamallo pada 30 September 1975, Glenn memulai karier dengan menjadi vokalis Funk Section sekitar 1995.

Tiga tahun kemudian, Glenn bernyani solo dan meluncurkan sebuah album bertajuk GLENN berisi 8 buah lagu. Namun baru pada album kedua, KEMBALI, popularitas Glenn menanjak.

Glenn meneruskan karyanya melalui album Selamat Pagi, Dunia! (2002), Ost Cinta Silver (2005), Aku & Wanita (2006), Happy Sunday (2007), Private Collection (2008), dan Lovevolution (2010). Pada 2006-2009,

Selain sebagai penyanyi dan pencipta lagu, Glenn juga dikenal sebagai “pejuang” bagi masyarakat Ambon. Berkat peran Glenn bersama Ridho Hafiedz (Slank) dalam membuat petisi “Dukung Ambon Menjadi Kota Musik Dunia oleh UNESCO” yang ditujukan pada Kementerian dan Kebudayaan, akhirnya jadilah Ambon sebagai Kota Musik Dunia dan diakui UNESCO.

Sebelum menikah dengan Mutia Ayu, pada 2006-2009 Glenn pernah membina rumah tangga bersama penyanyi Dewi Sandra.ari