Beri Iming-ming Rp 10 Juta untuk Batalkan Puasa, Aksi YouTuber Ini Dikecam

Hasan menawarkan sepotong pizza untuk dimakan saat itu juga. Bagi siapapun yang tertarik menyantap pizza, dia akan langsung memberikan uang tunai Rp 10 juta.

JAKARTA (global-news.co.id) –Media sosial digegerkan dengan aksi seorang Youtuber yang menawarkan uang kepada sejumlah orang untuk membatalkan puasa di bulan Ramadan.
Youtuber dengan akun channel Youtube hasanjr11 baru saja membuat netizen geram. Di hari pertama puasa, Hasan menggoda iman beberapa orang yang sedang berpuasa. Aksinya ini kemudian menuai kontroversi dan tanggapan dari netizen hingga Selasa (28/4/2020).
Hasan selama ini dikenal sebagai Youtuber yang kerap membuat konten video prank. Beberapa videonya memang berisi konten yang agak sensitif. Termasuk video yang baru saja ia unggah di hari pertama bulan puasa.
Hasan menghampiri beberapa orang sambil membawa sekotak pizza dan sekoper uang sebanyak Rp 10 juta. Targetnya kali ini adalah orang yang sedang berpuasa. Hasan akan menawarkan sepotong pizza untuk dimakan saat itu juga, tujuannya untuk menggoda. Bagi siapapun yang tertarik menyantap pizza ini, Hasan akan langsung memberikan uang tunai yang ada dalam tasnya.
Target pertama adalah seorang petani. Pria yang mengenakan topi caping ini terlihat sedang sibuk mengurus sawahnya di siang hari. Hasan kemudian menawarkan pizza sambil mengatakan kalau petani ini makan pizza maka langsung diberi uang.
“Jadi kalau masnya makan pizza ini, ntar aku kasih uang Rp 10 juta ,” goda Hasan.
Mendapat tawaran seperti itu, petani sempat bimbang. Dia memegang potongan pizza yang diberikan Hasan setelah melihat kondisi sekitar yang sepi.
Hasan kemudian berkata, “Tak pastiin lagi, masnya lebih milih uang Rp 10 juta daripada puasa? Puasa balasannya surga, kalau makan pizza cuma sementara. Uang Rp 10 juta bisa habis, kalau surga gak bisa habis,” katanya.
Setelah mendengar pesan Hasan, petani pun mengurungkan niatnya untuk mencoba pizza. Sebagai apreasiasi, Hasan lantas memberikan uang kepada petani yang enggan membatalkan puasanya itu.
Tak berselang lama, Hasan kemudian menawarkan hal serupa kepada seorang wanita penyapu jalanan. Namun wanita tersebut menolak secara tegas.
“Nggak (mau makan pizza), uang kan bisa dicari. Kalau puasa kan balasannya naik surga. Ibu kan sudah tua, mau kemana lagi kalau nggak ke jalan akhirat,” kata wanita itu.
Hasan pun terdiam setelah mendegar pernyataan wanita itu dan kembali membagikan rezeki kepadanya.
Namun, aksi Hasan tak berhenti sampai di situ. Ia kembali menawarkan uang Rp 10 juta kepada anak-anak dan seorang penjaga kolam renang. Meski begitu, dua target tersebut menunjukkan penolakan yang sama. Tak bersedia membatalkan puasa walaupun dijanjikan uang senilai Rp 10 juta.
Kontan saja, ulah Hasan yang meminta sejumlah orang untuk membatalkan puasa tersebut menuai kecaman publik.Video berdurasi 10 menit ini menunjukkan kalau seluruh orang yang ditemui Hasan menolak untuk makan pizza dan membatalkan puasa mereka. Ternyata uang Rp 10 juta tidak membuat seseorang rela membatalkan puasa.
Hasan sempat mengunggah video ini di channel youtubenya. Video berjudul “Tes Keimanan, Bayar Orang 10 Juta untuk Batalin Puasa Eh Makan Pizza” itu kini telah hilang dari kanal YouTube hasanjr11.
Tapi jejak digitalnya berhasil diabadikan oleh akun lainnya seperti kanal YouTube Essen Tv atau  diupload ulang di channel youtubers viral. Netizen pun langsung melemparkan komentar pedas.
“Konten gak bermutu, maksudnya apa bikin orang batal puasa cuma gara-gara 10 juta? Nyari tenar tapi bikin dosa juga,” kata netizen.
“Inilah setan dalam bentuk manusia. Katanya bulan Ramadan setan dikurung tapi ini setan yang ada di diri manusia tetap aja ada,” celoteh netizen lainnya. tri