Bantu Tangani COVID-19, Dewan Alihkan Anggaran Rp 26,4 Miliar ke Pemkot Surabaya

Camelia Habiba

SURABAYA (global-news.co.id) — Upaya menekan penyebaran COVID-19 di Surabaya terus dilakukan termasuk untuk pengamanan sosial masyarakat. Untuk itu, DPRD Kota Surabaya bersedia mengalihkan angggaran sebesar Rp 26,4 miliar ke Pemkot Surabaya.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Camelia Habiba menegaskan, dewan akan mengalihkan anggaran yang diperuntukkan untuk kegiatan anggota legislatif ke Pemkot Surabaya.
“Pengalihan anggaran ini untuk jaring pengaman sosial untuk masyarakat. Pengalihan anggaran ini dalam langka recovery jaring pengamanan sosial,” papar Habiba ditemui di ruang Komisi A Gedung DPRD Kota Surabaya, Selasa (7/4/2020).
Pengalihan ini sudah mendapat persetujuan dari Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono serta kesepakan semua anggota dewan. Namun soal rinciannya Habiba menyampaikan akan dibahas dalam rapat anggaran berikutnya. “Ya pengalihan anggaran ini akan dibahas dalam rapat anggaran berikutnya. Yang pasti jumlahnya berkisar Rp 26,4 miliar yang kita alihkan,” paparnya.
Politisi PKB ini mengatakan, soal urusan kemanusiaan dewan siap membantu program dan kebijakan yang Pemkot Surabaya lakukan. Yang terpenting, imbuhnya, ada koordinasi dan komunikasi yang baik antara legislatif dengan eksekutif.
Hal senada juga disampaikan, anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Muhammad Mahmud. Menurutnya, pengalihan anggaran ini dipersiapkan untuk jaring pengamanan sosial atau bisa dipakai untuk pos-pos lain yang dibutuhkan guna penanganan COVID-19. “Tapi rinciannya akan menjadi pembahasan dalam rapat anggaran dewan,” terang politisi mantan jurnalis ini.
Ketua Bappilu DPC Partai Demokrat Surabaya ini juga menegaskan, penguatan jaring sosial sangat diperlukan jika nanti Pemkot Surabaya mengeluarkan dan menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). pur