Warga Borong Alkohol di Toko Kimia

 

Istimewa
Puluhan warga Surabaya terlihat berbondong-bondong memborong alkohol di beberapa toko kimia di kawasan Jalan Tidar Surabaya, Rabu (18/3/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan pemerintah juga diikuti oleh masyarakat. Rabu (18/3/2020),  puluhan warga Surabaya terlihat berbondong-bondong memborong alkohol di beberapa toko kimia di kawasan Jalan Tidar, Surabaya. Bahkan mereka rela mengantre untuk membeli alkohol sebagai bahan hand sanitizer.

Salah satu warga bernama Budianto (38) yang mengantre di Toko Jaya Makmur Kimia mengatakan, dia membeli antiseptik dan hand sanitizer di toko tersebut. Menurutnya di toko itu masih menjual apa yang dia butuhkan.

“Kalau toko lainnya kosong semua. Sisa toko ini dan sebelahnya sama saja antrenya. Kalau yang tidak antre pasti habis,” kata Budianto, Rabu (18/3/2020).

Ia menyebut untuk harga hand sanitizer bermacam-macam tergantung jenisnya. Harga berkisar di angka Rp 50 ribu-Rp 94 ribu/liternya. “Tergantung kadar alkoholnya, dan bahannya, ada di toko sebelah sampai Rp 94 ribu/liter. Gara-gara kabar corona, semua jadi mawas kebersihan, ya akhirnya beli (hand sanitizer) untuk kebutuhan keluarga,” jelasnya.

Sementara warga lain yang mengantre bernama Tiwi (29) mengaku dia membeli hand sanitizer untuk kantor tempat dia bekerja. Tiwi membenarkan membeli hand sanitizer karena takut wabah corona yang semakin besar di Indonesia.

“Ya beli buat kantor, langsung. Di tempat lain udah tidak ada, kimia farma, apotek sudah kosong semua. Kalau di sini masih ada, untuk kebutuhan kantor karena imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan,” terangnya.

Membludaknya pembeli di beberapa toko kimia di Jalan Tidar Surabaya, ini arus lalu lintas menjadi macet. Hal itu dikarenakan banyak warga yang juga membawa drum dan jirigen yang diletakkan di pinggir jalan. pur, det