Virus Corona Menyebar, Mal di Jakarta Mulai Ditutup

Meminimalkan risiko penularan corona, Plaza Indonesia ditutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020.

JAKARTA (global-news.co.id)  — Kebijakan bagus dilakukan sejumlah mal di Jakarta.  Guna mencegah penyebaran virus corona atau (COVID-19) di Indonesia, sejumlah mal di Jakarta tutup.

Apalagi pasien positif corona terbanyak di DKI Jakarta. Tercatat total 579 pasien positif corona, sebanyak 356 orang berasal dari DKI Jakarta. Salah satu mal yang ditutup Senayan City. Senayan City ditutup sementara mulai dari 23 Maret hingga 5 April 2020.

Selain Senayan City, mal yang ditutup sementara adalah Plaza Indonesia. Mengutip keterangan resminya, Jakarta, Selasa (24/3/2020), Plaza Indonesia ditutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020.

Namun, ada beberapa tenan yang dibuka untuk melayani kebutuhan masyarakat, seperti swalayan, apotek, money changer, Maybank dan semua ATM di level basement. Operasional pun terbatas dibuka mulai pukul 13.00 hingga 17.00.

Tak hanya di Jakarta, sejumlah mal di Makassar melakukan langkah serupa. Dua mal milik mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Makassar ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona. Penutupan Mal Ratu Indah (MARI) dan Nipah Mall itu dilakukan mulai Rabu 25 Maret 2020 hingga 5 April 2020.

Centre Manager Mal Ratu Indah Iwan Ismail mengatakan, penutupan dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, pihak manajemen berharap pemilik  tenan yang masih ingin beroperasi terbatas dalam masa penutupan supaya segera menginformasikan kepada pengelola mal pada hari ini. “Kami mohon maaf, dan terima kasih seluruh tenant atas kerja samanya,” kata Iwan dalam surat edarannya.

Hal senada juga disampaikan oleh manajemen Nipah Mall. General Manager Nipah Mall and Office Building Richard Abraham mengatakan, penutupan ini untuk meminimalkan potensi risiko kesehatan akibat wabah virus corona. Karena itu, mal mulai ditutup Rabu besok hingga 5 April 2020. “Silakan hubungi kami bagi tenan yang mau beroperasi terbatas,” ujar Richard. jef, ins