‘Pesantren, Nalar dan Tradisi’ Karya Badrut Tamam Jadi Koleksi Perpustakaan Bung Karno

Wabup Raja’e serahkan buku Pesantren Nalar dan Tradisi karya Badrut Tamam pada Ibu Yanti Sukmarini.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pemkab Pamekasan melalui Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan mengelar Seminar Internalisasi Pemikiran Bung Karno. Seminar ini digelar bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Selasa (10/3/2020).
Seminar dibuka oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, diikuti sekitar 300 orang yang meliputi para pimpinan perguruan tinggi se Pamekasan, para guru SD SLTP hingga tingkat SLTA, para kepala sekolah, para pegiatan literasi dan perpustakaan se- Pamekasan.
Ada tiga orang pembicara yang dihadirkan antara lain Kepala  Perpustakaan Proklamator Bung Karno Ibu Yanti Sukmarini, Dr Kadarisman Sastrodiwirjo, budayawan yang juga mantan wakil bupati Pamekasan, dan Dr Budi Asyari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan.
Yang menarik sebelum memberikan sambutan Wabup Raja’e  menyerahkan buku berjudul Pesantren Nalar dan Tradisi yang ditulis Bupati Badrut Tamam. Buku itu diserahkan pada Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Karno  Ibu Yanti Sukmarini untuk segera dipajang menjadi koleksi buku di Perpustakaan tersebut.
Ibu Yanti Sukmarini sendiri mengatakan buku Pesantren Nalar dan Tradisi karya Bupati Badrut Tamam ini pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya dan akan dipajang menjadi kekayaan koleksi Perpustakaan Bung Karno.
Dia bilang dari ribuan buku di perpustakaan Bung Karno banyak buku tulisan atau karya tokoh terkenal yang kini juga dipajang di perpustakaan yang dipimpinnya, diantaranya buku karya mantan gubernur Jakarta Jarot Syaiful Hidayat.
“Tentu buku ini akan jadi koleksi dan bacaan di perpustakaan  kami nanti, kami juga menerima buku buku dengan materi beragam sumbangan dari para tokoh di bidangnya. Termasuk diantaranya buku tulisan bapak mantan gubernur DKI Jarot Syaiful Hidayat. Jadi ini kebanggaan bagi kami, “ kata Yanti ditemui usai seminar.
Sementara itu Wabup Raja’e dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya seminar internalisasi pemikiran proklamator Bung Karno dan atas nama Pemkab Pamekasan dia menyampaikan terimakasih kepada kepala Perpusnas RI dan Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno untuk apresiasinya memilih Pamekasan tempat kegiatan seminar itu.
Dia juga mengucapkan terimakasih atas inovasi dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Pamekasan yang telah mampu membangun kerjasama yang baik dengan semua pihak guna mendorong minat baca dan budaya literasi masyararakat menuju rencana kabupaten Pamekasan literasi di tahun 2002.
“Kemajuan kebudayaan dan tingginya peradaban bangsa Indonesia tidak bisa dilepaskan dari perjuangan dan pemikiran pendiri Republik Indonesia, proklamator yang juga Presiden pertama Indonesia yakni Bapak Ir Soekarno. Karena itu saya sangat mengapresiasi seminar ini digelar di sini,” katanya. (mas)