Merapi Erupsi, Bandara Adi Soemarmo Solo Ditutup Sementara

Penutupan sementara Bandara Adi Soemarmo Solo akibat erupsi Gunung Merapi diperpanjang, Selasa (3/3/2020)  hingga pukul 15.30.

YOGYAKARTA (global-news.co.id) — Gunung merapi dilaporkan kembali erupsi pukul 05.33 pagi tadi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Berdasarkan hal tersebut, AirNav Indonesia telah mengeluarkan Ashtam nomor VAWR 9293 dan Notam Aerodrome Closed guna memberikan petunjuk bagi penerbang yang melalui wilayah erupsi gunung merapi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi untuk memastikan keselamatan penerbangan.

“Kami akan terus memantau perkembangan yang ada. Untuk penerbangan, hingga saat ini masih Bandara Adi Soemarmo Solo yang terdampak, dan telah dilakukan penutupan penerbangan sementara. Namun, untuk penerbangan, kami telah mengalihkan penerbangan ke wilayah yang tidak terkena dampak erupsi,” ujar Novie dalam keterangannya, Selasa (3/3/2020).

Berdasarkan data Ashtam VAWR 9293 yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia, aktivitas Gunung Merapi menunjukan amplitude sebesar 75mm dengan durasi 450 detik. Kolom letusan setinggi +- 6.000m dengan pergerakan 15 knot ke arah timur dan 10 knot ke arah barat daya.

Sedangkan, untuk Notam Aerodrome Closed, Bandara Solo ditutup penerbangannya pada pukul 09.25 dan akan dilakukan update kembali beberapa jam kemudian. “Kami akan terus melakukan koordinasi dengan AirNav Indonesia untuk memastikan aktivitas penerbangan tetap berjalan normal, berikut dengan stakeholder penerbangan. Tetap dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan,” tutur Novie.

Belakangan AirNav Indonesia memperpanjang penutupan sementara Bandara Adi Soemarmo Solo akibat erupsi Gunung Merapi. Awalnya, penutupan sementara hanya berlaku sampai pukul 13.15, kini Bandara Solo tersebut ditutup hingga pukul 15.30.

Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan, terdapat sebaran abu vulkanik pada runway dan apron di Bandara Adi Soemarmo.

“AirNav Indonesia menerbitkan NOTAM nomor B0616/20NOTAMR pukul 13.15 perihal perpanjangan Penutupan Bandara Adi Soemarmo (Solo) untuk penerbangan sipil yang semula estimasi akan dibuka kembali pada pukul 13.30 menjadi pukul 15.30,” kata Yohanes .

Yohanes menuturkan, terdapat 6 penerbangan yang dibatalkan, di antaranya, Air Asia 8454/8455 Bali-Solo-Bali, Wings Air 1905 Solo-Bandung, Lion Air 537 Solo-Jakarta (CGK), Lion Air 535 WAHQ-WIII Solo-Jakarta (CGK), Citilink 123 Solo Menuju-Jakarta (HLP), Garuda Indonesia 225 Solo-Jakarta (CGK). “Adapun Bandara Jogja dan Semarang tetap beroperasi normal,” imbuh dia.

Dalam hal ini, AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder terkait akan terus memantau perkembangan dampak erupsi Gunung Merapi terhadap penerbangan dan selalu menginformasikan melalui NOTAM setiap perkembangan yang terjadi. nas, sua, ins