Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Maju Cawali Solo, Gibran Belajar ke Risma

Risma saat menemui Gibran di salah satu rumah makan di Solo, Rabu (4/3/2020).

SOLO (global-news.co.id) – Kedatangan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ke Kota Solo dimanfaatkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka untuk menimba ilmu. Bak seorang ibu kepada anaknya, Risma terlihat memberikan penjelasan apa saja yang ditanyakan Gibran yang kini maju sebagai bakal calon wali kota (Bacawali) Solo.

Dalam pertemuan yang dikemas santai dengan makan pecel di sebuah rumah makan di kawasan Mangkubumen Solo, Rabu (4/3/2020), Risma mengatakan, Gibran banyak bertanya apa saja yang telah dilakukannya di Surabaya, terutama soal bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga.

“Saya jelaskan ke mas Gibran bagaimana cara melakukan pemberdayaan UMKM, pemberdayaan anak muda, menata toko kelontong, pemberdayaan petani, bagaimana mengembangkan urban farming,” kata Risma.

Tak hanya itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menyampaikan, Gibran juga belajar bagaimana meningkatkan UMKM dan membuat startup untuk anak muda. “Setelah pertemuan ini, mungkin nanti akan ada pertemuan lagi,” katanya.

Menurut Risma, Gibran yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha akan lebih mudah membaca bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga. “Apa yang diterapkan di Surabaya bisa dilakukan di kota lain. Tapi tidak bisa copy paste, karena karakter daerah berbeda. Jadi harus disesuaikan masing-masing daerah. Termasuk di Solo,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Gibran mengaku berterima kasih kepada Risma karena sudah mau menemuinya. “Tadi Bu Risma banyak bercerita bagaimana UMKM di Surabaya itu tumbuh. Bagaimana UMKM didampingi pengemasannya, brandingnya dan penjualannya,” kata Gibran.

Gibran mengaku, pertemuannya dengan Risma ini seperti kuliah pendek. Banyak ilmu yang bisa diserap sehingga nantinya bisa diterapkan di Kota Solo. “Setelah ini mungkin akan ada pertemuan-pertemuan berikutnya. Masih banyak yang harus saya pelajari,” ungkapnya.

Di mata Gibran, Risma merupakan sosok wali kota yang sangat berprestasi, wali kota yang mau turun ke lapangan dan paham betul permasalahan-permasalahan di kampung serta bisa memberikan solusi yang cepat dan tepat.

Pertemuannya dengan Risma ini, Gibran mengaku atas inisiatifnya sendiri bukan atas perintah bapaknya yakni Presiden Jokowi. “Saat tahu Bu Risma mau ke Solo saya hubungi ajudannya jika saya ingin bertemu. Ternyata beliau bisa dan bersedia. Ya makan pecel ini. Mungkin nanti kapan-kapan saya yang akan ke Surabaya,” pungkasnya. pur

baca juga :

Ratusan Jamaah Masjid di Sidoarjo Jalani Rapid Test, Enam Orang Hasilnya Reaktif

Redaksi Global News

Gandeng Satgas Bencana Nasional Jawa Tengah, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD

Redaksi Global News

Piala AFF U-16: Daftar Penghargaan, Iqbal Gwijangge Pemain Terbaik

Redaksi Global News