Jangan Panik, Perkuat Ketahanan Tubuh dengan Cara Alami


Minum teh hijau sangat dianjurkan sebab kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, yang ampuh melawan infeksi.

Sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai penyakit termasuk yang diakibatkan virus corona (COVID-19). Seperti halnya flu, corona dinilai juga mudah terserang pada tubuh yang sistem imunnya lemah.

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi ramuan tradisional atau empon-empon alami berasal dari tanaman rempah-rempah. Pakar obat-obatan tradisional dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr Mangestuti Agil Apt MS, mengatakan, ramuan tradisional dan menjalani pola hidup sehat bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah diserang berbagai penyakit. “Namun, saat manusia lengah dan daya imun itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit,” kata Mangestuti kemarin.

Menurut Medical Research Council, setiap hari kita menghirup seratus juta virus, dan tugas sistem kekebalan tubuh adalah menjaga kita tetap aman. Pertahanan terbaik terhadap kuman adalah mengikuti kebersihan dasar dengan mencuci tangan dengan air sabun atau menggunakan sanitiser tangan.

Sayangnya, sistem kekebalan tubuh menurun sekitar 2-3% per tahun dari usia 20-an. Itulah sebabnya orang yang lebih tua rentan terhadap infeksi. Janet Lord, profesor biologi sel kekebalan di University of Birmingham, mengatakan bahwa tingkat kematian akibat penyakit seperti pneumonia dan bronkitis tiga kali lebih tinggi di antara orang tua.

Jangan panik,  ada beberapa cara untuk menjaga kekebalan tubuh seperti dilansir dari laman Mirror.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, temu lawak dan cabai rawit. Mereka memiliki sifat antioksidan, detoksifikasi, dan anti mikroba.
  2. Minum teh hijau, sebab kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, yang ampuh melawan infeksi yang efisien.
  3. Cukup tidur, 7-9 jam, dapat meningkatkan sel T, yang melawan infeksi dalam tubuh. Satu studi juga menunjukkan bahwa hanya satu malam dengan tidur 4 jam menghabiskan sel-sel pembunuh alami tubuh sebesar 70 persen.
  4. Kurangi stres. Ketika kita stres, otak memproduksi lebih banyak kortisol dan mempersiapkan tubuh untuk situasi darurat. Tetapi sementara itu, kondisi tersebut justru akan menekan sistem kekebalan tubuh kita. Cobalah latihan relaksasi seperti yoga atau meditasi. Berpikir positif juga bisa bermanfaat.
  5. Pastikan suhu tubuh tetap hangat. Virus flu lebih mudah menular pada suhu lebih rendah dari 37 derajat celsius yang merupakan suhu rata-rata inti tubuh.
  6. Tetap terhidrasi membantu tubuh Anda secara alami menghilangkan racun dan bakteri lain yang dapat menyebabkan penyakit. Usahakan untuk setidaknya delapan gelas air sehari.
  7. Minyak esensial lemon memiliki sifat anti bakteri yang kuat dan telah terbukti merangsang produksi sel darah putih, yang melawan infeksi. tem, ins