Ikuti Imbauan Presiden, Dewan Jatim Lakukan Pembatasan Kerja

Imbauan Presiden RI Jokowi agar lembaga legislatif per Selasa (17/3/2020) banyak bekerja di rumah daripada di luar untuk menekan penyebaran virus corona baru (COVID-19), langsung ditanggapi DPRD Jatim dengan menggelar rapat di tingkat pimpinan dewan.

SURABAYA (global-news.co.id) — Imbauan Presiden RI Jokowi agar lembaga legislatif per Selasa (17/3/2020) banyak bekerja di rumah daripada di luar untuk menekan penyebaran virus corona baru (COVID-19), langsung ditanggapi DPRD Jatim dengan menggelar rapat di tingkat pimpinan dewan.

Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah menegaskan hasil rapat itu akhirnya menghasilkan lima poin. Di antaranya  seluruh anggota DPRD Jatim harus memperkuat intensitas pengawasan internal se-Jatim baik dalam   masyarakat Dapil maupun masyarakat se-Jatim. Sehingga kunker keluar negeri, luar provinsi untuk sementara ditunda sampai batas yg ditentukan oleh pemerintah pusat.  Begitupun penerimaan tamu /kunjungan kerja dari provinsi lain juga ditunda.

“Namun reses dalam mendapatkan aspirasi masyarakat di masing -masing Dapil tetap kita laksanakan sesuai jadwal yaitu pada 30 Maret- 7 April dengan pola jumlah terbatas yang bisa meminimalisir terjadinya kontak langsung. Karena ini berpengaruh pada mekanisme persidangan dan kebijakan APBD (kedewanan). Jadi intinya kita tetap bekerja dengan pembatasan-pembatasan untuk meminimalisir penyebaran corona,” tegas politisi asal PKB ini, Selasa (17/3/2020).

Di sisi lain, dewan memiliki kewajiban  memberikan  edukasi pada masyarakat untuk tidak paranoid terhadap virus corona.  Namun tetap waspada (menjaga kesehatan). Selain penguatan pengawasan terhadap program-program masyarakat yang menjadi  program kebutuhan pokok, misalnya kecukupan stok sembako, kesehatan utamanya dalam masa kondisi darurat. Serta,  mendorong realisasi program pemerintah yang bersifat padat karya  sehingga stabilitas ekonomi tetap terjaga. ani