Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Banyak Proyek Box Culvert di Surabaya Mangkrak, Komisi C Geram

Banyaknya pengerjaan box culvert di sejumlah wilayah di Surabaya yang mangkrak membuat anggota legislatif geram.

SURABAYA (global-news.co.id) —Banyaknya pengerjaan box culvert di sejumlah wilayah di Surabaya yang mangkrak membuat anggota legislatif geram. Karena proyek box culvert yang seharusnya pengerjaannya dilakukan sebelum musim hujan, namun sampai triwulan pertama tahun ini  pengerjaannya belum juga ada yang selesai.

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya Buchori Imron menjelaskan padahal proses lelang proyek box culvert saat ini lebih dipercepat. Misalnya untuk proyek untuk tahun 2020, lelangnya sudah clear di akhir 2019.

Begitu juga proyek box culvert yang dikerjakan pada 2019 lelangnya dilakukan akhir 2018, tapi ada beberapa box culvert yang seharusnya selesai akhir 2019, sampai Maret ini masih ada yang belum clear atau rampung. “Di lapangan masih ada proyek box culvert maupun saluran air yang hingga kini belum selesai, ada apa ini,”ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Kota Surabaya, Kamis (12/3/2020).

Ia menjelaskan, semua proyek irigasi saluran air, box culvert di Surabaya bahan bakunya mayoritas pabrikan, jadi tidak terlalu sulit pengerjaannya, namun entah mengapa proyek sampai Maret ini masih banyak yang mangkrak.

Politis PPP Kota Surabaya ini menambahkan, tersendatnya proyek box culvert di Surabaya disinyalir karena kontraktornya tidak profesional dalam bekerja. Misalnya, ada kontraktor yang minus modal tapi dalam pelelangan selalu menang, meski dengan memakai bendera lain, tapi yang punya PT atau CV nya ya orang-orang kontraktor yang sama.

“Dalam proyek saluran air maupun box culvert, kami lihat kontraktornya tidak profesional. Untuk itu, Pemkot Surabaya harus mengawasi dan mengevaluasi ulang kontraktor yang tidak beres, ”tegasnya.

Komisi C, kata Buchori Imron, mendorong Dinas PU dan Bina Marga Kota Surabaya  ketat mengawasi proyek-proyek box culvert, terutama box culvert yang ada di kampung-kampung.  “Masyarakat juga berhak mengawasi proyek box culvert yang tersendat, jika perlu silakan lapor ke Dinas PU Bina Marga, atau ke dewan.”ungkapnya. pur

baca juga :

YHMCI dan PB PTMSI Gelar Invitasi Tenis Meja Kadet Nasional 2023

gas

Presiden Resmikan Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Redaksi Global News

Surabaya Dinilai Paling Siap, Menpora Akan Usul ke FIFA untuk Jadi Tempat Pembukaan

Redaksi Global News