Terinspirasi Empat Mantan Presiden Amerika, SBY Resmi Dirikan Museum dan Galeri SBY-Ani

Groundbreaking Museum dan Galeri SBY-Ani di Ploso Pacitan, Sabtu (22/2/2020).

PACITAN (global-news.co.id)- Terinspirasi dari sejumlah empat mantan Presidene Amerika yang mendirikan museum di masing -masing daerah kelahirannya, membuat Presiden RI ke- 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  bersama istri Ani Yudhoyono bercita-cita ingin mendirikan museum di tanah kelahiran SBY di Pacitan. Dibantu bersama istri tersayang dalam mendesain museum tersebut, hari ini SBY resmi untuk merealisasikannya.
” Inisiatif pembangunan museum dan Galeri Seni SBY-Ani ini murni dari sejumlah Presiden Amerika yang mendirikan museum di tanah kelahirannya. Dan di sini tanah kelahiran saya, tanah tumpah darah saya, saya ingin menghadirkan museum yang lebih lengkap, ” paparnya saat melakukan groundbreaking di Ploso Pacitan,  Sabtu (22/2/2020).
Faktor almarhumah istri, tambah pendiri Partai Demokrat ini,  Ani Yudhoyono, disebut SBY juga menjadi faktor pendorong lainnya. Ia menyebut, membangun museum dan terlebih lagi di Pacitan merupakan mimpi SBY bersama almarhumah Ani Yudhoyono sejak lama.
“Di Singapura, ketika almarhumah istri saya sedang menjalani pengobatan, kami berbincang. Bu ani mengingatkan saya waktu itu kalau kita akan membangun museum. Beliau minta agar segera diselesaikan rancangan-rancangan museum demi mewujudkan mimpi kami berdua, ” kata SBY.
Ada kata kata almarhumah yang mengaharukan. “Pepo, kalau nanti saya sembuh kita bangun dulu museum itu. Diawali rumah yang kecil dulu, lalu kita tata perlahan museum itu,” cerita SBY.
Peran serta dan juga legacy almarhumah Ani Yudhoyono turut nampak nyata di Museum SBY dan Galeri Seni SBY-Ani. Sosok yang terus mendampingi SBY hingga akhir hayatnya itu turut mendesain langsung beberapa bagian museum.
“Secara khusus, saya minta kepada almarhumah untuk mendesain ruang untuk Ibu Negara atau First Lady Section. Museum ini juga tanda cinta saya yang sangat dalam dan abadi kepada almarhumah istri saya tercinta,” ungkap SBY.
Dalam acara tersebut ikut hadir para mantan anggota Kabinet Indonesia Bersatu 1 dan 2. Beberapa di antaranya adalah Wapres di era SBY, Budiono. Nampak pula Djoko Suyanto, Hatta Rajasa, Chaerul Tanjung, Agung Laksono, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim,
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.
Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut gembira Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Ploso Kabupaten Pacitan.
Khofifah mengatakan, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani akan menjadi magnet dan gravitasi baru bagi wisatawan untuk datang ke Pacitan.
“Museum ini memberikan pelajaran dan pengalaman bagaimana perjuangan Pak SBY dan Ibu Ani. Museum ini akan menjadi gravitasi baru bagi Pacitan,” kata Khofifah usai acara groundbreaking Museum dan Galeri Seni SB-Ani.
Dikatakan wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini,  pihaknya sudah berembug dengan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak yang juga hadir di kesempatan tersebut, agar akses wisatawan ke Pacitan harus diperlancar.
Meski sudah ada Jalan Lintas Selatan, namun menurutnya dibutuhkan opsi akses transportasi lainnya misalnya  lapangan terbang perintis. Bandara perintis akan memudahkan wisatawan yang ingin ke Pacitan dari Surabaya, Malang, Yogya, Solo  maupun Kediri.  Sehingga waktu tempuhnya juga akan terpangkas.
“Tentu akan ada keinginan untuk mempermudah akses ke sini. Infrastruktur yang ada mungkin dari Solo, dari Jogja, lebih memungkinan bisa mengakses ke sini.  Nah kemungkinan akan bisa disiapkan lapangan terbang perintis,” tegas Khofifah.
Opsi mendirikan bandara perintis di Pacitan dikatakan wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini sangat memungkinkan dan diharapkan menjmenjadi pendongkrak koneksitas antar daerah. Sebagaimana yang sudah diterapkan di Bawean dan juga Sumenep.
“Ini sangat memungkinkan, terlebih potensi wisata alam Pacitan juga sangat besar dan indah sekali. Sehingga sekarang butuh disiapkan feasibility studi nya, karena di sini banyak pegunungan. Maka saya rasa bandara perintis bisa berseiring dengan groundbreaking yang baru saja dilakukan,” katanya. Sebagaimana diketahui, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani dilakukan peletakan batu pertamanya hari ini. Dalam museum itu, akan disajikan kisah perjalanan SBY sedari kecil dari sebuah desa di Pacitan hingga akhirnya memimpin Indonesia selama satu dekade.
Termasuk kiprah SBY selama di dunia militer hingga tantangan apa saja yang dihadapi oleh SBY selama memimpin Indonesia. Tak ketinggalan di Museum dan Galeri Seni SBY-Ani ini juga akan ada karya karya seni dan koleksi seni milih SBY dan Ani Yudhoyono. ani