Terbitkan 1.150 Izin Usaha, Sistem OSS Makin Diminati

Masyarakat antre hendak mengajukan izin usaha di DPMPTSP Gresik, melalui sistem OSS.

GRESIK (global-news.co.id) – Pelayanan perizinan melalui system Online Single Submission (OSS), yang dicanangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik, semakin banyak diminati masyarakat. Buktinya, sejak awal tahun hingga Februari, OSS telah menerbitkan 1.150 surat izin usaha.

Padahal di bulan yang sama tahun 2019 lalu, OSS hanya menerbitkan 357 izin usaha. “Kami pro aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan pertemuan dengan beberapa pelaku usaha Kecil Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Gresik. Setiap pertemuan selalu dihadiri oleh 40 sampai 50 pelaku UMKM. Selanjutnya para pelaku UMKM tersebut juga melakukan sosialisasi yang sama kepada kelompoknya” tandas Kepala DPMPTSP Kabupaten Gresik, Mulyanto, Rabu (26/2/2020).

Rata-rata peserta mengaku, betapa mudahnya mendaftar perizinan melalui sosialisasi OSS ini. Hanya bermodalkan gawai (Handphone) yang dipegang dan mengikuti arahan instruktur yakni para petugas DPMPTSP yang dibantu koordinator UMKM tersebut, maka hanya hitungan menit seluruh perijinan sudah kelar.

Sangat mudah, tinggal masuk ke https://www.oss.go.id. Lalu mengisi data yang sudah tersedia disana. Hal ini sangat mustahil pada saat-saat lalu. Sehingga sangat jarang pelaku UMKM yang memiliki perijinan.

“Ini sudah selesai, sekarang saya sudah punya termasuk Nomer Induk Berusaha (NIB) serta Surat pernyataan kesanggupan pengelolaan lingkungan dan Penataan Lingkungan (SPPL),” ujar Widiastuti perajin otak-otak bandeng asal Gresik, sambil menunjukkan beberapa surat perijinan yang sudah selesai hanya dalam waktu 15 menit. Hal senada disampaikan Alifatul Khoiriyah pemilik rumah usaha Salim Food Gresik.

Fahmi pelaku usaha yang memproduksi minuman temulawak dan sinom mengaku, saat ini pihaknya hanya membantu. Kami punya sekitar 150 anggota UMKM yang tersebar di Gresik. Saat ini kami juga membawa beberapa teman lain untuk ikut sosialisasi ini.

“Saya dan teman-teman yang saya bawa ini akan siap menjadi instruktur bagi pengusaha UMKM yang lain. Kami sering mengadakan pertemuan dan setiap hari saling berkomunikasi memanfaatkan media social (medsos). Saya yakin, dengan kemudahan ini seluruh pelaku UMKM di Gresik akan segera memiliki surat ijin usaha” tandasnya yakin.

Sekretaris DPMPTSP, Johar Gunawan, yang mendampingi saat sosialisasi dan pelatihan mengatakan yang memantau kegiatan ini mengatakan, program ini diluncurkan untuk melindungi para pelaku UMKM di Gresik. Kami memang berharap, kedepan akan semakin banyak UMKM di Gresik yang punya bermacam perijinan sesuai bidang usaha yang digelutinya.

“Dengan perijinan ini mereka akan semakin dapat memajukan usahanya dengan berbagai fasilitas terutama permodalan. Saya optimis, pada tahun ini para pelaku UMKM banyak yang akan memanfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar sendiri di rumah masing-masing. Dalam OSS versi 1.1 ini sangat mudah” ujar Johan Gunawan. sep