Serangan Jantung, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia di Usia 40 Tahun

 

Bunga Citra Lestari dan suaminya Ashraf Sinclair serta buah hatinya dalam satu kesempatan.

JAKARTA (global-news.co.id) – Aktor Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari (BCL) meninggal dunia di Rumah Sakit MMC, Selasa (18/2/2020) sekitar pukul 04.00. Kabar tersebut kemudian dibenarkan oleh Doddy yang merupakan manajer BCL. Lewat pesan singkat, dia mengatakan, “Iya (sudah tiada). Serangan jantung.”

Ashraf Daniel Mohammed Sinclair yang lahir di London Inggris itu tutup usia di umur 40 tahun. Memulai karier di Malaysia, dia lebih banyak tampil di layar kaca dalam negeri. Almarhum  menikahi penyanyi BCL pada 2008 dan dari pernikahan tersebut mereka memiliki seorang anak laki-laki bernama Noah Sinclair.

Kabar kepergian aktor Ashraf Sinclair untuk selamanya, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Ashraf sempat mengunggah foto terakhir di akun Instagram pribadinya.

Foto tersebut tampaknya diambil saat ia tengah berlibur ke Amerika Serikat dan diunggah pada 15 Februari 2020. Dalam unggahan itu, sang aktor tampak berdiri di jalanan Kota Manhattan dengan latar uap dari cerobong yang ada di sisi kanannya.

Dalam foto tersebut, mendiang tampak sehat dan gagah. Ia mengenakan kaus putih yang dipadukannya dengan jaket dan celana hitam serta sepatu putih. “Manhatten steam ,” ujar Ashraf dalam unggahannya.

Postingan yang telah diunggah lebih dari 32.000 kali itu kemudian dibanjiri ucapan belasungkawa dari warganet dan deretan selebriti. “Innalillahi wa innailaihi rojiun,” kata penyanyi Pasha Ungu.

Sementara aktris Laudya Cynthia Bella mengungkapkan, “Innalillahiwainailaihi rojiun, semoga amal ibadah Ash diterima Allah SWT. Allah mengampuni semua dosa-dosa Ash dan dapat ditempatkan di surga Allah.”

Di lain pihak aktris Dian Sastro menuliskan, “Semoga dipermudah semua urusannya. Semoga dikuatkan keluarganya. Masih tidak percaya dengan apa yang terjadi.”

BCL dan Ashraf Sinclair

Mengilas balik kiprahnya di dunia hiburan, Ashraf Daniel Mohammed Sinclair memulai kariernya sebagai pelayan restoran pada 2003. Kala itu, bapak satu anak tersebut masih bermukim di negara kelahirannya, Malaysia.

Keputusan menjadi seorang pelayan, ternyata menjadi titik balik dalam kehidupannya. Dia dipinang seorang produser -yang menjadi pelanggan setia di restoran tempatnya bekerja- untuk bermain film.

Dengan wajah tampan, tak sulit membuat Ashraf Sinclair terkenal. Popularitasnya melambung setelah berperan sebagai Eddy dalam film Gol dan Gincu yang dirilis di Malaysia pada 2005. Setahun setelahnya, dia mulai mendapat tawaran untuk membintangi serial TV.

Dari Malaysia, sosoknya mulai dikenal publik Indonesia setelah foto mesranya dengan penyanyi BCL tersebar di dunia maya medio 2007. Karier akting Ashraf di Indonesia semakin mentereng ketika dia membintangi film komedi romantis Saus Kacang bersama BCL.

Film lain yang pernah dia bintangi adalah The Real Pocong (2009). Tak hanya layar lebar, Ashraf Sinclair juga tercatat pernah membintangi sederet sinetron, seperti Sekar (2008), Cinta dan Anugerah(2009), Sejuta Cinta Marshanda (2010), Kasih dan Cinta (2011), Putri Bidadari (2012), hingga yang terbaru Dewi (2020).

Dalam sebuah wawancara, penyanyi BCL sempat menuturkan awal pertemuannya dengan sang suami, almarhum Ashraf Sinclair. Dia menyebut, perkenalan itu lekat dengan kata ‘kebetulan’.

Pada 2006, BCL mengaku tengah berada di Malaysia untuk mempromosikan lagu Cinta Pertama (Sunny) di Malaysia. Wawancara dengan sebuah media lokal pun dirancang untuknya. Sayang, kala itu presenter yang mewawancarainya urung datang sehingga digantikan oleh Ashraf Sinclair.

Dari pertemuan itulah mereka kemudian saling jatuh hati. Ashraf, menurut BCL, sempat menitipkan sebuah catatan kecil untuknya yang berisi  ‘Kau punya pesona yang spesial’.

Almarhum Ashraf Sinclair dan BCL kemudian saling bertukar nomor telepon dan alamat email. Dari satu pertemuan itu, mereka kemudian menjalin kedekatan hingga sempat menghebohkan dunia hiburan Tanah Air dengan foto mesra yang tersebar di Internet.

Pada 8 November 2008, Ashraf Sinclair membawa BCL ke pelaminan dengan maskawin anting berlian 1,5 karat. Pada ulang tahun pernikahan mereka yang ke-11, penyanyi 36 tahun tersebut sempat mengungkapkan perjalanan rumah tangganya dengan pria berdarah Australia, Malaysia, dan Jepang itu.

Dalam unggahan tersebut, BCL mengungkapkan, “Tak ada jaminan bahwa kehidupan pernikahan mudah. Tapi saat itu, ketika kau meminangku, aku tahu kau adalah pria itu. Seorang petarung yang tak pernah menyerah dengan hidup dan kita tentunya.”

Setelah 11 tahun menikah, BCL bersyukur bisa bertahan menjalankan rumah tangga dengan sang suami. “Kita telah melewati cinta, tawa, tangis, dan pertengkaran. Aku mencintaimu, sayang @ashrafsinclair,” katanya menambahkan.

Kini suami yang dicintai itu  telah pergi untuk selamanya. Tentu perjalanan cinta dan kehidupan pernikahannya dengan Ashraf akan menjadi kenangan terindah bagi BCL dan buah hatinya. ejo, okz, ins