Puncak Musim Hujan Diprediksi hingga Maret

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Februari hingga Maret 2020.

JAKARTA  (global-news.co.id) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Februari hingga Maret 2020. Namun, BMKG mengamati ada perbedaan cuaca atau sebaran hujan di sejumlah daerah.

“Saat ini untuk puncaknya lebih didominasi pada Februari dan Maret. Tiap wilayah berbeda-beda,” kata Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko saat dikonfirmasi, Rabu (12/2/2020).

Dipastikan Hary saat ini sejumlah daerah sudah mulai memasuki puncak musim hujan. BMKG mengimbau agar masyarakat waspada dan siaga terhadap potensi terjadinya bencana di puncak musim hujan. “Saat ini masih masuk bulan puncak musim hujan,” ucapnya.

Berdasarkan data amatan BMKG, potensi hujan lebat diprediksi bakal terjadi di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua pada Rabu 12 Februari 2020.

Tak hanya itu, potensi angin kencang juga berpotensi terjadi di Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua pada hari ini. Sedangkan potensi hujan disertai kilat dan angin kencang diprediksi terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, serta Papua.  ejo, okz