Permintaan Anjlok, Singapore Airlines dan SilkAir Batalkan Sejumlah Penerbangan ke Indonesia

Singapore Airlines membatalkan beberapa penerbangan ke Indonesia hingga akhir Mei, termasuk penerbangan anak perusahaan Silk Air karena menurunnya permintaan penerbangan seiring merebaknya virus corona COVID-19.

JAKARTA  (global-news.co.id) – Singapore Airlines membatalkan beberapa penerbangan ke Indonesia hingga akhir Mei, termasuk penerbangan anak perusahaan Silk Air. Pembatalan penerbangan ke Indonesia karena permintaan penerbangan menurun imbas virus corona COVID-19.

“Singapore Airlines dan SilkAir untuk sementara waktu akan mengurangi layanan di seluruh jaringan kami karena lemahnya permintaan sebagai akibat dari wabah Covid-19,” kata Operator Singapore Airlines dilansir dari The Star, Jumat (28/2/2020).

Menanggapi berita tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, bahwa kementerian telah menerima laporan dari Singapore Airlines mengenai keputusan tersebut. “(Kebijakan) itu tidak permanen, hanya sementara. Pembatalan ini disebabkan oleh lemahnya permintaan yang disebabkan oleh meluasnya virus corona. Cathay Pacific juga mengurangi layanannya karena wabah itu,” kata Novie.

Menurutnya, Kemenhub saat ini tengah membuat catatan daftar maskapai asing yang mengurangi, membatalkan atau menunda penerbangan ke Indonesia.

Sementara itu, Bamboo Airways Vietnam akan menangguhkan penerbangan ke Korea Selatan mulai Sabtu besok karena kekhawatiran meluasnya wabah Covid-19, kata perusahaan itu kemarin. Penerbangan antara Da Nang dan Nha Trang ke Bandara Internasional Incheon Seoul akan berhenti beroperasi mulai besok. ejo, sta, cnn