Pelari Berbagai Kota Meriahkan ‘Airun’

SURABAYA (global-news.co.id)  –  Pelari  profesional asal Surabaya, Ilmi, tercatat sebagai peserta pertama yang memasuki finish  AIRUN : Aesculap Inspire to Run atau lari sejauh 5 Km yang digelar Fakultas  Kedokteran Universitas Airlangga, Minggu (23/2/2020) pagi. Kegiatan yang diselenggarakan sebagai pembuka ajang Dekan Cup 2020 ini diikuti lebih dari 1.000 pelari dari berbagai kota, di antaranya Malang, Situbondo, Kediri, dan Yogyakarta.

Dekan FK Unair, Prof Dr dr Sutojo SpU bersama pelari Ilmi yang masuk garis finish pertama dalam Airun, Minggu (23/2/2020) pagi

Saat  menunggu  kedatangan peserta yang pertama memasuki finish pertama, Dekan Fakultas Kedokteran Unair, Prof Dr dr Sutojo SpU, mengatakan, sesuai visinya FK yaitu menjadikan lulusan yang mandiri, inovatif, kompetitif, unggul di tingkat nasional dan internasional  berbasis riset dan teknologi, serta bermoral. “Hingga saat ini FK Unair sudah meluluskan lebih dari 10 ribu dokter yang   punya andil besar dalam menyehatkan masyarakat.  Hari ini kita menyehatkan masyarakat dengan mengajak berolahraga,” ujar Sutojo yang juga ikut berlari bersama peserta yang lain.

Terkait tema Dekan Cup 2020 “Heart Desease”, Sutojo mengatakan, penyakit jantung masih menjadi penyakit yang angka kejadiannya tertinggi di Indonesia, menyusul stroke dan lainnya.  Bagaimana supaya tidak terkena penyakit jantung,  lanjutnya, harus dengan berolahraga. “Hidup sehat, olahraga, dan tidak merokok. Jadi supaya sehat, masyarakat diimbau untuk rutin olahraga setiap hari dan kontrol kesehatan 6 bulan sekali untuk yang usia 60 tahun ke atas,” tandasnya.

Ketua Pelaksana Dekan Cup 2020, Reido Daffa Annafis, menyebutkan Airun yang terbuka untuk masyarakat  ini  hadir dengan konsep kegiatan charity . “Keuntungan dari hasil penjualan tiket lari ini akan disumbangkan 10% kepada Yayasan Jantung Indonesia (YJI),” ujar mahasiswa FK semester 4 ini.

Sebelum memukul gong tanda dimulainya Dekan Cup 2020, Prof Sutojo mengungkap kebanggaan atas terselenggaranya Airun yang diikuti lebih dari 1.000 peserta. “Saya senang lewat kegiatan ini mahasiswa kedokteran tidak hanya belajar anatomi, tapi juga belajar bagaimana berorganisasi. Airun ini salah satu bentuk bagaimana mengorganisir suatu kegiatan,” katanya didampingi Wakil Dekan Prof Dr dr Budi Santoso SpOG (K) dan  Dr dr Gadis Meinar  Sari MKes.

Dekan Cup FK Unair merupakan acara tahunan yang ditujukan untuk mempererat sil aturahmi seluruh civitas akademika FK Unair, Rumah Sakit dr Soetomo serta Rumah Sakit Unair. Kegiatannya meliputi perlombaan di bidang sport dan non sport.ret