Partai NasDem Resmi Umumkan Cawali Surabaya Rabu Ini, Bakal Beri Kejutan

Ketua DPD Partai NasDem Kota Surabaya Robert Simangunsong menegaskan pihaknya akan mendeklarasikan nama bakal calon Wali Kota Surabaya rencananya Rabu (19/2/2020) ini.

SURABAYA (global-news.co.id) –  Meski Partai NasDem sudah mendeklarasikan diri mendukung Machfud Arifin namun tidak serta merta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Surabaya Partai NasDem resmi untuk mengusung mantan Kapolda Jatim ini. Bahkan DPD Partai NasDem Surabaya ini berjanji akan mendeklarasikan nama bakal calon Wali Kota Surabaya yang akan diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Surabaya rencananya, Rabu  (19/2/2020) ini.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Surabaya Robert Simangunsong menegaskan pihaknya secara resmi akan mengusung Cawali Surabaya setelah menerima surat dari DPP. “Sudah ada namanya dari DPP dan tunggu saja Rabu ini bakal ada kejutan saat deklarasi,” ujar Robert  usai penyerahan SK Pengurus oleh DPW NasDem Jatim di Kantor Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) DPW NasDem di Surabaya, Senin (17/2/2020).

Pihaknya mengaku belum mengetahui siapa nama bakal calon yang mendapat rekomendasi dan menyerahkan sepenuhnya ke DPP. “Saya sendiri belum dapat bocorannya. Katanya pusat disuruh menunggu dan penyerahan rekomendasinya sekaligus deklarasi,” ucapnya.

Di DPRD Surabaya, partai besutan Surya Paloh tersebut hanya memiliki tiga kursi sehingga harus berkoalisi dengan partai politik lainnya untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Ia berharap seluruh kader tetap solid dan berupaya memenangkan siapapun figur yang direkomendasi oleh DPP, baik kader partai maupun bukan kader.

Di tempat sama, Sekretaris Bapilukada NasDem Surabaya Srihono Yularko menyampaikan terdapat 11 nama yang mendaftar untuk maju dari Partai NasDem, namun hanya tiga yang masuk nominasi.

“Pertama kader NasDem Awey (Vinsensius Awey), lalu Ketua Peradi Harianto dan politikus muda Gus Hans  (KH Zahrul Azhar). Nama mereka sudah dikirim ke pusat,” kata politikus senior yang juga Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Pendidikan Politik DPD NasDem Surabaya tersebut.

Kendati demikian, pihaknya membenarkan terdapat beberapa nama yang mendaftar langsung ke pusat, lalu dilakukan verifikasi serta seleksi. “Jadi, belum tentu tiga nama di atas. Yang jelas, 11 orang pendaftar, lalu tiga orang nominasi dan ada calon yang langsung daftar ke pusat. Untuk kepastiannya, tunggu saja lusa,” katanya.

Sementara itu Ketua DPW NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi menyerahkan SK Kepengurusan DPD NasDem Surabaya periode 2020-2024 yang jumlahnya mencapai 35 orang pengurus. ani