Parasite, Film Asia Pertama Peraih Film Terbaik Oscar

Bong Joon-ho (kanan) menjadi Sutradara Terbaik Oscar 2020 lewat film Parasite yang juga terpilih sebagai Film Terbaik.

SURABAYA (global-news.co.id) — Parasite mencetak sejarah dalam Oscar 2020. Film garapan sutradara Bong Joon Ho tersebut menjadi film Asia pertama sekaligus film non-bahasa Inggris perdana yang memenangi Oscar kategori film terbaik (Best Picture).

Para aktor dan aktris Hollywood yang hadir di Dolby Theatre Los Angeles Amerika Serikat, Minggu waktu setempat atau Senin (10/2/2020) WIB, langsung memberikan standing ovation kepada sutradara Bong Joon-ho dan seluruh pemain film Parasite.

“Saya tak bisa berkata-kata. Kami tak pernah membayangkan hal ini terjadi. Saya merasa sangat beruntung. Saya berterima kasih kepada the Academy untuk membuat keputusan ini,” kata Produser Parasite, Kwak Sin-ae.

Dalam ajang Academy Awards ke-92 ini, Parasite membawa pulang empat piala yakni  film terbaik, skenario asli terbaik, film internasional terbaik, dan sutradara terbaik.

Adegan dalam film Parasite

Parasite merupakan film satire yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga, Park dan Kim. Secara perlahan, satu per satu anggota keluarga Kim bekerja di kediaman Park. Hubungan keluarga Park dan Kim berkembang secara kompleks dan saling membahayakan. Meski demikian, Bong Joon-ho tak lupa menambahkan unsur humor dalam film tersebut.

Sebagai film terbaik, Parasite berhasil mengalahkan film nominee lainnya, Once Upon a Time.. In Hollywood, 1917, Marriage AdegaStory, Little Women, Joker, Jojo Rabbit, The Irishman, dan Ford v Ferrari. Kemenangan ini menjadikan Parasite sebagai film berbahasa asing pertama yang berhasil menyabet predikat film terbaik.

Pada kategori sutradara terbaik (Best Director), Bong Joon Ho mengalahkan sutradara-sutradara terbaik Hollywood, seperti Todd Philips (Joker), Sam Mendes (1917), Quentin Tarantino (Once Upon a Time..In Hollywood), dan Martin Scorsese (The Irishman).

Dalam pidato kemenangannya, Bong Joon Ho mengatakan bagaimana sutradara Martin Scorsese berpengaruh padanya. “Saat saya muda dan belajar sinematografi, ada pepatah yang saya ukir jauh di dalam hati, ‘Yang paling pribadi adalah yang paling kreatif’. Dan itu berasal dari sutradara hebat Martin Scorsese,” ucapnya seperti dikuti Variety.

Oleh karenanya, Bong Joon Ho mengaku sangat terhormat bisa masuk nominasi bersama dengan Scorsese.  “Saat saya di sekolah, saya mempelajari film Martin Scorsese. Hanya masuk nominasi bersama dia adalah kehormatan besar,” ujar pria yang menjadi sutradara pertama Korea Selatan yang berhasil meraih Oscar.

Untuk kategori film internasional terbaik (Best International Feature Film) Parasite berhasil menyingkirkan Corpus Christi (Polandia), Honeyland (Makedonia Utara), Les Miserables (Prancis), dan Pain and Glory (Spanyol).

Sebelum berjaya di Oscar, Parasite juga mengantongi banyak penghargaan di beberapa festival film bergensi lainnya. Di ajang Golden Globe Awards ke-77 film ini meraih empat nominasi dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Di British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite mengantongi empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori Original Screenplay dan Film Not In The English Language. Film ini juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.

Sementara di Festival Film Cannes pada 2019 lalu, Parasite menyabet Palem Emas (Palme d’Or) yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang film yang digelar di Prancis tersebut.

Bong Joon Ho yang juga penulis skenario telah menghasilkan sejumlah film yang berkualitas. Okja, The Host, Snowpiercer, dan Memories of Murder merupakan beberapa karyanya yang berhasil menggebrak dunia perfilman.

Parasite ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2019 pada 21 Mei dan ditayangkan di Korea Selatan pada 30 Mei 2019. Menurut data Korean Film Council (KOFIC), Parasite sudah meraih 9.000.284 penonton dalam waktu 25 hari dan mencetak rekor sebagai film Korea paling banyak ditayangkan di luar Korea Selatan. Film ini ditayangkan di 202 negara, termasuk di Indonesia pada Juni tahun lalu.ret

Para Pemenang Oscar 2020

Film Terbaik        : Parasite

Sutradara Terbaik: Bong Joon-ho (Parasite)

Aktor Terbaik     : Joaquin Phoenix (Joker)

Aktris Terbaik    : Renee Zellweger (Judy)

Aktor Pendukung Terbaik  : Brad Pitt (Once Upon a Time…In Hollywood)

Aktris Pendukung Terbaik  : Laura Dern (Marriage Story)

Skenario Adaptasi Terbaik : Taika Waititi (Jojo Rabbit)

Skenario Asli Terbaik          : Bong Joon Ho dan Han Jin Won (Parasite)

Film Animasi Terbaik           : Toy Story 4

Film Berbahasa Asing Terbaik: Parasite

Sinematografi Terbaik      : 1917

Kostum Terbaik                 : Jacqueline Durran (Little Women)

Editing Terbaik                  : Ford v Ferarri

Lagu Tema Film Terbaik   : (I’m Gonna) Love Me Again karya Elton John dan Bernie Taupin (Rocketman)

Tata Musik Terbaik           : Hildur Gudnadottir (Joker)

Efek Visual                         : 1917