Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Maluku Diguncang Gempa 6,7 SR

Pusat gempa berkekuatan 6.7 magnitudo yang terjadi di Maluku, Rabu (26/2/2020) sore WIT.

SURABAYA (global-news.co.id) – Gempa dengan kekuatan 6,7 scala richter (SR) menggoyang wilayah Maluku, Rabu (26/2/2020) siang. Gempa yang berpusat pada kedalaman 28 kilometer itu terjadi sekitar pukul 14.33 WIB atau 16.33 WIT.

Melalui akun twitternya, @infoBMKG,  Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut episenter gempa berada di 7.50 LS (Lintang Selatan) dan 131.11 BT (Bujur Timur) Titik gempa berada pada 7.5 Lintang Selatan dan 131.11 Bujur Timur atau berjarak 57 kilometer barat laut Saumlaki dan 78 kilometer barat daya Larat, Kepulauan Tanimbar di barat laut Maluku Tenggara Barat.

BMKG belum menerima laporan kerusakan akibat gempa. Tapi, berdasarkan catatan BMKG, gempa dirasakan sangat kuat di Saumlaki dengan skala IV MMI. “Gempanya dirasakan sangat kuat di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar dengan skala IV MMI,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin, kepada Kompas.com, Rabu.

Berdasarkan Skala MMI (Modified Mercalli Intensity), gempa dengan skala IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sejauh ini Andi masih memantau perkembangan pascagempa di wilayah tersebut. ”Kita belum dapat laporan resmi, kita masih terus memantau perkembangan dan menunggu laporan dari sana,” ujarnya. Meski getarannya sangat kuat, BMKG memastikan gempa ini tak berpotensi tsunami. Namun, disebutkan pula agar warga berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Pada Senin (24/2/2020) lalu, kawasan Maluku juga diguncang gempa dengan kekuatan 3.0 SR. Gempa terjadi pada pagi hari sekitar pukul 05.02.32 WIT dengan lokasi 2.84 LS-127.29 BT atau 52 km Timurlaut Namlea-BURU, 102 km Timur Airbuaya-BURU dan pusat gempa ada pada kedalaman 10 km.ret

baca juga :

Liga 1: Paul Munster Ajak Bonek Penuhi GBT

Redaksi Global News

BNI Gandeng BPD Lampung Terbitkan Kartu Kredit Indonesia

Redaksi Global News

Polresta Sidoarjo Baksos Religi di Tempat Ibadah