Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Kasus Zikria, Kepala Daerah Diingatkan Jangan Berkuping Tipis

SURABAYA  (global-news.co.id)  – Setelah dua pekan lebih ditahan, tersangka penghinaan terhadap Walikota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma, Zikria Dzatil akhirnya mendapat penangguhan penahanan dari Polrestabes Surabaya, Senin (17/2/2020).

Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans.

Kasus penghinaan di media sosial ini cukup menyita perhatian warganet dan masyarakat luas, termasuk Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans.

Menurutnya, ada dua pelajaran yang sama-sama bisa dipetik, baik dari sisi pengguna media sosial (medsos) maupun pejabat publik.  “Selain pengguna medsos harus bijak, menjadi kepala daerah nggak boleh kuping tipis,” kata tokoh muda yang juga pengasuh Ponpes Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang tersebut.

Menurutnya hal inilah kenyataannya, salah satu dari kemajuan teknologi yang harus diimbangi kesiapan mental penggunanya. Itu yang harus dihadapi semua pihak. Karena itu, Gus Hans sering mengatakan, pembangunan harus seimbang antara fisik dan jiwanya. “Kalau fisik saja, IT-nya saja, tanpa diimbangi dengan kesiapan mentalnya, yang terjadi seperti ini,” ucapnya.

Gus Hans juga berharap agar Risma lebih tenang menjaga emosi dalam merespons warganet. “Sebaiknya dia belajar kepada Bu Khofifah (Gubernur Jatim), pejabat yang begitu tenang dalam merespon netizen,” katanya.

Terbaru, Gus Hans mencontohkan saat Khofifah ‘diserang’ habis-habisan lewat akun Instagram-nya usai menyebut masih ada aroma sampah di Stadion Gelora Bung Tomo. “Begitu tenang merespons netizen, gak pakai marah-marah atau main lapor,” ujarnya.

Sikap tenang dalam menghadapi netizen diperlukan, apalagi Risma disebut-sebut bakal running di Pilgub DKI Jakarta 2022. “Kan di sana lebih hard lagi peperangan media sosialnya,” ujar Gus Hans.

Artinya Risma harus lebih tenang dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) maupun Anies Baswedan? “Iyalah. Kan beda antara gubernur sama walikota, tidak apple to apple. Walikota lebih banyak teknis, gubernur sudah koordinatif,” ucap Gus Hans.  pur

baca juga :

Komisi V DPR RI Kunjungi Dam Plesungan

Redaksi Global News

Kini Mesin EDC BNI & Layanan E-Commerce BNI Dapat Menerima Kartu American Express®

Liga Inggris: Leeds United Gilas Chelsea Tiga Gol Tanpa Balas

Redaksi Global News