Kapolri Lantik Delapan Kapolda

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melantik sejumlah pejabat tinggi di lingkungan kepolisian, Selasa (11/2/2020) pagi.

JAKARTA (global-news.co.id)  – Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin sertijab delapan Kapolda dan pejabat utama lain di Rupatama Mabes Polri, Selasa (11/2/2020). Sertijab tersebut merupakan bentuk rotasi kepimpinan dalam tubuh Korps Bhayangkara yang termaktub dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385-388/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020.

Pada upacara tersebut, Idham Azis memimpin para pejabat tinggi Polri yang dilantik itu untuk melafalkan sumpah jabatan. “Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Idham menuturkan sumpah yang diikuti para pejabat yang akan dilantik di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta.

Mereka adalah Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono yang dipindah ke Itwasum Polri. Posisinya diganti oleh Kapolda Sulut Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto.

Sigid diganti Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa. Kapolda Sulbar Brigjen Baharudin Djafar pindah sebagai Kapolda Maluku. Posisi Kapolda Sulbar diisi Brigjen Eko Budi Sampurno. Kapolda Jambi Irjen Muchlis juga diganti oleh Irjen Firman Shantyabudi yang sebelumnya berdinas di PPATK.

Berikutnya Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak diganti oleh Brigjen Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Gorontalo. Artinya Wahyu naik bintang dua. Brigjen Adnan diplot menggantikan Wahyu. Lalu Kapolda Malut Brigjen Suroto juga diganti Brigjen Rikwanto yang saat ini menjabat Wakapolda Kalteng.

“Ini bagian penyegaran organisasi dan menjaga kinerja kepolisian. Organisasi kepolisian harus terus berhalan dan terbaik untuk melayani masyarakat,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Selain itu ada jabatan lain yang diserah terimakan yakni Kadivhubinter Polri, Kapuslitbang Polri, Kapusjarah Polri, dan Kayanma Polri.

Sementara di lingkungan Bareskrim Polri, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga merotasi jajarannya, di antaranya Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto ditugaskan di Badan Narkotika Nasional. Posisi yang ditinggalkan Eko selanjutnya diisi oleh Kombes Krisno Halomoan Siregar yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim. Surat TR tersebut ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mewakili Kapolri. ejo, ins