Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Kapolda Jatim Rilis Ungkap Sabu 32,3 Kg Jaringan Malaysia dan Aceh

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, merilis hasil ungkap narkoba Polrestabes Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id) – Polda Jatim merilis hasil ungkap narkoba Polrestabes Surabaya, Selasa (18/2/2020). Total sebanyak 32,3 kilogram (kg) sabu berhasil diamankan dan diketahui merupakan jaringan Malaysia dan Aceh.

“Dua minggu lalu sudah diungkap Polda Jatim dan dikembangkan. Kapolrestabes memimpin pengungkapan jaringan internasional asal Malaysia melalui Aceh ke Jatim ini. Hasilnya ditemukan sabu 32,3 kg,” kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan.

Dari pengungkapan itu, telah diamankan tiga orang tersangka. Dua tersangka dilakukan tindakan tegas terukur karena melakukan upaya perlawanan pada petugas saat hendak diamankan. Satu tersangka lain inisial F masih dalam proses pemeriksaan guna dilakukan pengembangan kasus.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, mengatakan, hasil ungkap sabu itu memang hasil pengembangan ungkap yang dilakukan Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim. Selain narkoba jenis sabu, diamankan pula 14.263 butir ekstasi dan 3,8 juta pil koplo.

“Ini pengambangan kasus yang diungkap Polda. Jaringan Aceh dan Malaysia yang dikirim kurir perempuan dengan menyimpan sabu di kemaluan. Ada juga jaringan Pamekasan Madura dan Bangkalan Madura. Ini hasil kerjasama dengan masyarakat sehingga bisa kami ungkap,” jelas Kombes Sandi.

Kapolda mengatakan, di penghujung 2019 sudah gencar masuk jaringan narkoba ke wilayah Jatim. “Narkoba ini yang jadi perhatian Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) dan tokoh agama untuk kami lakukan tindakan khusus,” jelasnya.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya dengan jajaran bersama-sama dengan aparat lain melakukan kegiatan preventif dan represif guna menekan peredaran gelap narkoba. “Memang distribusi utama dalam beberapa jaringan ini targetnya masuk ke Jatim. Satgas Narkoba Polda dan Polres tentunya akan terus perangi narkoba,” pungkasnya. pur

baca juga :

Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Polisi Sidoarjo Bagikan 500 Bendera

Redaksi Global News

Peringati Hari Pahlawan: Karnaval Salah Satu Cara Bentuk Karakter Anak di Surabaya

Redaksi Global News

Masjid Nabawi Dipenuhi Jamaah Berbuka Puasa dan Tarawih