Jokowi Beri Target Kepala BPIP

Presiden Joko Widodo menyalami Prof Yudian Wahyudi usai dilantik sebagai Kepala BPIP di Istana Kepresidenan, Rabu (5/2/2020)

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Prof Yudian Wahyudi sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang baru, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Presiden memberi target pada Kepala BPIP agar dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan milenial. Jokowi berharap Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ya, bisa lebih cepat lagi membumikan Pancasila, tetapi yang terpenting memang targetnya yang sudah sering saya sampaikan yakni kira-kira 129 juta. Yang itu adalah anak-anak muda di bawah 39 tahun, yang memerlukan sebuah injeksi tentang Pancasila dan keseharian. Dan kita harapkan dengan diangkatnya Prof Yudian, itu bisa lebih dipercepat lagi,” kata Presiden.

Jokowi meminta Yudian langsung bekerja cepat. Menurut dia, bahan dan materi mengenai implementasi Pancasila sudah ada.  “Langsung ke implementasi di lapanganlah, saya kira bahan-bahan juga sudah komplet. Bahan dan materi sudah komplet sehingga betul-betul tahapannya ke lapangan. Terutama ke anak-anak muda,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga melantik Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ateh sebelumnya menjabat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan saat ini menjabat Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.* hud