IKA FK Unair Gelar Kompetisi Movlog

Dr Jefri Tribowo SpAnd (enam dari kiri) dan M.Ainun Ridho di antara peserta workshop ‘Doctor Vlog’ yang diadakan IKA FK Unair, Sabtu (1/2/2020)

SURABAYA  (global-news.co.id) – Vlog (video blog), film pendek maupun film dokumenter bisa menjadi ajang penyampaian pesan pada masyarakat. Untuk itu proses dan triknya pun harus tepat, agar kena maksud dan sasarannya.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, IKA Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menggelar  ‘Doctor Movlog (Movie & Vlog) Workshop & Competition 2020’ yang dikemas dalam workshop dan kompetisi. Workshop yang diperuntukkan kalangan umum, pelajar, dan mahasiswa ini dihelat di FK Unair, Sabtu (1/2/2020).

Ketua IKA FK Unair, Dr dr Poedjo Hartono  SpOG(K) mengakui, percepatan informasi melalui teknologi sekarang ini memang harus diikuti. Jika tidak, kita tak hanya ketinggalan saja namun juga akan kalah bersaing. “Teknologi memang bukan segalanya. Namun, kita juga wajib memberikan sumbangsih informasi yang tepat kepada masyarakat di tengah kemudahan aksesnya. Apalagi kita yang berprofesi sebagai dokter,” tuturnya.

“Apalagi informasi sekarang ini seolah tanpa sekat. Bahkan susah untuk membedakan mana yang benar dan salah,” lanjutnya.

Ia mencontohkan urusan dunia medis yang disambungkan dengan mitos dan fakta. “Dokter sesuai bidang kemampuannya inilah yang wajib berperan memberikan edukasi yang tepat kepada masyarakat,” ujar alumnus FK Unair ini.

Sedangkan untuk yang bukan dokter, lanjutnya, sarana vlog bisa dijadikan media menyampaikan info penting, seperti info terkait bisnis.

Pada kesempatan workshop, M. Ainun Ridho mengupas wawasan tentang cara membuat film secara teknik. Produser dan sutradara film Jack ini juga memberi kiat-kiat khusus tentang bagaimana membuat film pendek ataupun dokumenter yang baik sehingga bisa tepat sasaran.

Diungkapkan, bisnis film Indonesia saat ini sedang maju. Setiap bulan ada saja film Indonesia baru yang diputar. “Untuk itu, sangat tepat bila kita mampu membuat film Indonesia dengan nuansa  baru yang lebih edukatif ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara Jefry Tribowo membagikan pengalamannya sebagai doctor vlogger. Dokter spesialis andrologi yang masuk ke era disrupsi dengan keahliannya ini kerap mengunggah video pendek atau vlog bertema kesehatan di akun media sosial seperti youtube.

Doctor Movlog Workshop & Competition 2020 ini dihelat juga untuk menandai HUT  ke-5 Majalah Dokter, majalah yang bisa diakses civitas FK Unair dan masyarakat umum. Peserta workshop bisa mengikuti kompetisi vlog bertema Friendship, Humanism, Philosophy secara perorangan maupun kelompok (maksimal 3 orang) dengan maksimal 2 karya. Karya dikirimkan melalui Google Drive ke email  movlogcompetition@gmail.com dalam format MP4 selambat-lambatnya  13 Februari 2020.ret