Hasto Janji Akan Umumkan Calon Bupati/Walikota Bertepatan pada Hari Raya Galungan

Rakerda DPD PDIP Jatim di Hotel Utami Juanda Sidoarjo, Selasa (18/2/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) –  Setelah tertunda selama satu bulan, PDIP Jatim resmi mengumumkan calon bupati/walikota dalam Pemilukada  Jatim, Rabu (19/2/2020) esok atau tepatnya pada Hari Raya Galungan. Kepastian ini diumumkan pada acara Rakerda DPD PDIP Jatim yang digelar, Selasa (18/2/2020) hari ini di Hotel Utami Juanda Sidoarjo.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto  menegaskan jika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan secara langsung rekomendasi tersebut di Kantor DPP PDIP.   “Satu pasangan calon gubernur dan 49 calon bupati/walikota,” ucap Hasto.

Dari sejumlah 49 daerah tersebut, Hasto mengatakan ada beberapa rekomendasi untuk beberapa daerah di Jawa Timur, salah satunya Ngawi.

Di sisi lain, DPD PDIP Jatim menyiapkan badan-badan partai untuk melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis. Mesin partai untuk pemenangan pemilu itu dilantik dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDI Jatim.

Ketua DPD Jatim Kusnadi SH, MHum mengatakan selain untuk konsolidasi organisasi, Rakerda yang akan membahas persoalan di masyarakat luas ini juga disertai seremoni pelantikan ratusan kader yang disiapkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi teknis sebagian dari keputusan-keputusan rakerda.

Para kader tersebut, tambah pria yang juga Ketua DPRD Jatim ini ditempatkan di badan-badan partai. Yakni Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK), Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR), Badan Kebudayaan Nasional (BKN), Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat), Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), dan Badan Pemenangan Pemilu (BP-Pemilu).  “Ada 145 kader untuk ditempatkan di tujuh badan partai,” kata Kusnadi.

Pihaknya juga menambahkan, badan-badan partai berperan membantu struktural partai dalam melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis. Termasuk menjalankan sebagian dari rekomendasi rakerda.

Rekomendasi rakerda, sebagian lainnya juga dilaksanakan oleh kader di eksekutif dan legislatif melalui kebijakan regulasi dan alokasi anggaran yang bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk peran badan-badan partai, urai Kusnadi, bagaimana misalnya Baguna melakukan mitigasi bencana, melakukan edukasi kebencanaan kepada masyarakat, maupun penggalangan bantuan untuk korban bencana. “Periode lalu Baguna Jatim turun langsung ke lokasi bencana. Menggelar pengobatan pasca banjir di Sampang, mendirikan dapur umum saat erupsi Gunung Agung di Bali, menerjunkan tim kesehatan dan penggalangan bantuan saat gempa di Nusa Tenggara Barat, dan sebagainya,” paparnya. ani