Gubernur Khofifah Serahkan Bangunan SD Bantuan Warga Jatim di Donggala

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berada di tengah-tengah siswa saat peresmian gedung SDN 9 Dalaka, Kecataman Sindue, Kabupaten Donggala, Rabu (12/2/2020).

DONGGALA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan dua gedung sekolah dasar hasil pengumpulan dana masyarakat Jatim untuk masyarakat di kawasan terdampak gempa di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (12/2/2020).

“Kami harap SDN ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat khususnya semua anak-anak Donggala tepatnya yang berada di Kec Sindue dan Kec Sirenja, sehingga mereka bisa memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar,” ujar Gubernur Khofifah di sela peresmian SDN 9 Dalaka, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan terkumpul dana sebesar Rp 3,8 miliar yang diperuntukkan membangun layanan pendidikan di kawasan setempat. Total ada dua gedung SD yang dibangun, yaitu SDN 9 Dalaka di Kecamatan Sindue dan SDN 22 Lende Tovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berharap kedatangannya ke Donggala memberikan dukungan moral kepada siswa dan warga setempat, sekaligus memastikan bantuan masyarakat Jatim tersampaikan dengan baik. “Semoga kontribusi masyarakat Jatim kepada warga di sini bisa bermanfaat,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Menurut Khofifah, ada tiga prioritas yang harus segera dibangun dan dipulihkan pasca bencana, yaitu layanan pendidikan, layanan kesehatan dan rumah ibadah.

Sementara itu, Bupati Donggala Kasman Lassa mengapreasiasi dan berterima kasih kepada pemprov dan masyarakat Jatim atas bantuan di bidang layanan pendidikan di wilayahnya. “Sekolah ini dulu sempat retak-retak dan mengganggu pendidikan siswa. Terima kasih juga kami sampaikan atas kunjungan Gubernur Jatim Ibu Khofifah,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, kehadiran Khofifah disambut dengan ucapan selamat datang siswa-siswi SDN 9 Dalaka serta Tarian Mokambo yang merupakan tari khas Sulawesi Tengah khusus untuk menyambut tamu.

Mantan Menteri Sosial itu juga diberi Kain Sampolu, yang dipasang seperti kerudung dan merupakan kain berukuran satu meter khas Sulteng untuk menyambut tamu secara religi.

Seperti diketahui, bencana gempa dan tsunami berkekuatan 7,4 skala richter (SR) yang mengguncang Donggala pada Jumat 28 September 2018 telah menyebabkan banyak korban jiwa, kerusakan dan kerugian yang luar biasa. fan