Grand Final Indonesian Idol 2020, Lyodra atau Tiara

Lyodra Ginting (kiri) dan Tiara Anugrah (kanan)

JAKARTA (global-news.co.id) – Lyodra Ginting dan Tiara Anugrah akan bersaing memperebutkan posisi sebagai juara Indonesian Idol 2020 dalam Grand Final yang digelar Senin (24/2/2020) malam nanti.  Perhelatan ini sekaligus akan menjadi kompetisi yang spesial lantaran finalisnya terdiri dari dua wanita berusia muda, Lyodra berusia 16 tahun, sedangkan Tiara 18 tahun.

Lewat akun Instagram resmi @indonesianidolid, muncul bocoran mengenai penampilan dua finalis termuda sepanjang sejarah perhelatan Indonesian Idol. Ajang pencarian bakat di dunia tarik suara ini mulai digelar sejak 2004 silam. Lyodra akan membawakan I’d Do Anything for Love  yang dipopulerkan penyanyi Meat Loaf.  Sedangkan Tiara bakal menyanyikan The Greatest Love of All  dari penyanyi Whitney Houston. Selain tampil secara individu, keduanya juga berkesempatan unjuk gigi dalam kolaborasi dengan penyanyi kenamaan Tanah Air.

Penyanyi jebolan Indonesian Idol 2007, Judika, menyebut  grand final Indonesian Idol  kali ini akan memanas. Hal ini tak lepas dari kemampuan Lyodra dan Tiara yang sama-sama kuat dan memiliki ciri khas masing-masing.  “Aku pikir mereka berdua layak ada di grand final, dan ini akan jadi salah satu grand final yang buat aku sendiri  agak berdarah-darah nantinya,” ucap Judika yang pernah berduet dengan Lyodra lewat The Prayer, lagu yang dipopulerkan Celine Dion-Andrea Bocelli.

Sementara itu, Lyodra dan Tiara mengaku sudah kenal sejak awal kompetisi Indonesian Idol. Bahkan mereka menjadi teman satu kamar selama karantina untuk showcase Indonesian Idol 2020. Kedekatan Lyodra dan Tiara menyebabkan keduanya saling belajar. “Sejujurnya aku bangga sekali sama Lyodra karena dia kontestan termuda, tapi dia bisa sampai puncak di Indonesian Idol ini,” kata Tiara, dara kelahiran Jember 23 September 2001.

“Kami memang sekamar, terus aku ngeliat Kak Tiara itu aura positifnya nular ke aku. Aku belajar banyak juga dari dia,” kata Lyodra yang lahir di Medan 23 Juni 2003.

Salah satu juri Idol, Ari Lasso menyebut kompetisi Indonesian Idol 2020 ini memecahkan rekor.  Sebab, sejak sesi pertama hingga kesepuluh tahun 2020 ini, baru pertama kalinya Top 3 dihuni oleh tiga finalis perempuan.  “Bukan hanya finalisnya yang terdiri dari perempuan, Indonesian Idol 2020 juga mencatat sejarah karena memiliki finalis termuda,” ujarnya.

Selain tampil secara individu, dalam Grand Final nanti malam, Lyodra dan Tiara juga berkesempatan unjuk gigi dalam kolaborasi dengan penyanyi kenamaan Tanah Air.  Lyodra dipastikan berduet dengan penyanyi Andmesh Kameleng. Sementara Tiara dengan penyanyi bergenre campursari asal Ngawi, Denny Caknan.

“Dua-duanya punya keunggulan masing-masing. Kalau Lyodra, orang selalu ngomong kualitas. Kalau Tiara, bunda (Maia Estianty, juri Indonesian Idol 2020) bilang komersialitas,” imbuh Judika.eno