Gelar Dekan Cup 2020, FK Unair Ajak Jaga Kesehatan Jantung lewat ‘Airun’

SURABAYA (global-news.co.id) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kembali  menggelar kegiatan tahunan Dekan Cup  FK Unair .  Dekan Cup FK Unair 2020 ini akan diawali dengan kegiatan AIRUN : Aesculap Inspire to Run atau lari sejauh 5 Km pada Minggu (23/2/2020).

Ketua Pelaksana Dekan Cup 2020, Reido Daffa Annafis (tengah) didampingi Wakil Ketua subdivisi Airun, Aisha Maharani Aliski, dan Ketua Divisi Acara, Zefo Kiyosi Wibowo

Ketua Pelaksana Dekan Cup 2020, Reido Daffa Annafis, menyebutkan Airun yang terbuka untuk masyarakat  ini  hadir dengan konsep kegiatan charity . “Keuntungan dari hasil penjualan tiket lari ini akan disumbangkan 10% kepada Yayasan Jantung Indonesia (YJI),” ujarnya, Kamis (20/2/2020).

Dijelaskan, Dekan Cup FK Unair tahun ini mengusung tema “Heart Disease”. Pengambilan tema dalam kegiatan yang berlangsung 23 Februari  hingga 3 April ini dilatarbelakangi tingginya angka kejadian penyakit jantung di Indonesia.

Airun sejauh 5 Km akan mengambil start di halaman Kampus FK  Unair Jl  Mayjen Prof  dr Moestopo dan melintas ke Jl Kusumabangsa, Jl Wijaya Kusuma, Jl Slamet, Grand City,  dan kembali ke kampus FK. Sebelum memulai lari akan diadakan pemanasan bersama yang dipimpin oleh Departemen KFR (Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi).  Sedang di finish, peserta bisa melakukan cek kesehatan gratis yang disediakan beberapa departemen RS dr Soetomo, Varises Indonesia Clinic, serta Prodia.

Bukan hanya cek kesehatan, ada juga edukasi mengenai Basic Life Support (BLS) yang hendaknya perlu diketahui oleh semua kalangan masyarakat mengingat banyaknya kejadian penderita yang membutuhkan pertolongan pertama di sekitar kita.

“Sepanjang track lari, kami akan memberikan suasana yang berhubungan dengan ‘Heart Disease’ sekaligus menambah pengetahuan pelari. Refreshment juga telah disiapkan mulai dari minuman hingga buah sehingga pelari akan bertambah asupan gizinya dalam mengembalikan stamina setelah berlari,” kata Reido.

Lebih lanjut  mahasiswa semester 4 FK Unair ini mengatakan, Dekan Cup FK Unair ini sebetulnya merupakan acara tahunan yang ditujukan untuk mempererat silaturahmi seluruh civitas akademika FK Unair, Rumah Sakit dr Soetomo serta Rumah Sakit Unair. Kegiatannya meliputi perlombaan di bidang sport dan non sport.  “Namun Dekan Cup  FK Unair ini juga menyampaikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, dan itu kami lakukan  melalui kegiatan lari 5km sebagai pembuka acara dan ditutup dengan adanya konser musik bertajuk ‘Anesthesia’ pada 3 April mendatang,”  tambah Reido didampingi wakil ketua sub divisi Airun,  Aisha Maharani Aliski, dan Ketua Divisi Acara Dekan Cup 2020, Zefo Kiyosi Wibowo.

Untuk sport  ada 9 cabang yang dilombakan, yaitu futsal, basket, voli, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, catur, billiar, dan tarik tambang. Untuk non sport  ada 11 lomba yaitu ada duta FK, band, FK idol, make-up, cooking, amazing race, fotografi, lukis, Islamic competition, PES, dan Esport.  Semua lomba ini akan selesai dalam waktu sekitar satu setengah bulan hingga tiba pada acara penutupan.ret