DPRD Jatim Gelar Seminar Sinergitas Nasional, Beri Wawasan Kebangsaan 600 Anggota Dewan

SURABAYA (global-news.co.id) – Komisi A DPRD Jatim menggelar seminar Sinergitas Nasional untuk menyatukan visi misi kebangsaan para anggota DPRD se-Indonesia Jumat (7/2/2020) malam.

Acara yang digelar hingga Sabtu (8/2/2020) ini dihadiri 600 anggota DPRD dari seluruh Indonesia.

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Estu Subagyo, mengatakan, seminar ini berawal dari pemikiran bahwa para anggota dewan datang dari dari berbagai macam kalangan dan latar belakang kehidupannya. Ada dari kalangan politik. Namun ada pula dari kalangan lain. Semuanya harus disinergikan dalam satu visi dan misi kebangsaan.

“Makanya kita adakan seminar nasional ini, dengan menghadirkan orang orang yang berkompeten dari Lemhanas,” katanya.

Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Guna Mewujudkan Insan yang Berkarakter” sangat penting. Sebab, yang hadir dalam acara itu juga tidak hanya anggota dewan, tapi semua aparat dan melibatkan seluruh Indonesia, Sekwan se Indonesia, Ketua DPRD dan ketua Komisi A se Indonesia.

Pematerinya antara lain Mayor Jenderal dr Putu Sastra, dari Lemhanas. Putu akan membahas tentang empat pilar kebangsaan. “Sekarang empat consensus. Ada juga Prof Akh. Muzzaki dari UIN Sunan Ampel Surabaya,” tandasnya.

Dengan adanya acara ini diharapkan mampu meyakinkan orang per orang tentang wawasan kebangsaan. “Ini agar kita lebih mementingkan kebangsaan dan negara,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan
hasilnya juga bisa diterapkan pada reses anggota DPRD, sebab ada materi tentang falsafah Pancasila. Dia menegaskan, bahwa napas Pancasila harus membumi di seluruh warga negara.

“Kita tidak bosan bosannya napas Pancasila terus ditanamkan ke semua orang,” katanya. (fan)