Dinas Perpustakaan Jatim Kenalkan Drive Thru Pengembalian Buku

 

GN/Titis Tri W
Pengunjung memanfaatkan fasilitas Drive Thru pengembalian buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, Rabu (5/2/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Terobosan baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memudahkan masyarakat terus dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpusip) Provinsi Jatim. Instansi yang berada di Jl Menur Pumpungan ini mengenalkan layanan Drive Thru untuk pengembalian buku bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengurus.

Sekretaris Bapersip Jatim Drs Hasto Hendarto MM menjelaskan layanan ini diluncurkan sebagai implementasi dari program Jatim CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan dan Responsif) yang digulirkan oleh Gubernur Khofifah Indah Parawansa. Dengan layanan ini, peminjam buku bisa mengembalikan buku di Drive Thru tanpa harus turun dari kendaraan.

“Layanan tersebut hadir untuk memudahkan warga yang tidak memiliki banyak waktu tetapi sudah harus mengembalikan buku dan kesulitan untuk mencari tempat parkir. Dengan menggunakan layanan Drive Thru ini, semua jadi cepat, efisien dan praktis,” kata Hasto, Rabu (5/2/2020).

Dengan adanya layanan Drive Thru ini, warga bisa punya pilihan dalam pengembalian buku. Bisa di layanan perpustakaan di lantai 1 atau layanan Drive Thru yang berada di halaman kantor Dinas Perpustakaan. “Bedanya untuk layanan Drive Thru belum melayani pinjaman buku, hanya pengembalian saja. Untuk pinjaman buku tetap di layanan perpustakaan di dalam kantor,” katanya.

Sejak diluncurkan 3 Februari lalu, keberadaan Drive Thru menarik perhatian pengunjung Dinas Perpustakaan. Beberapa warga tampak memanfaatkan fasilitas tersebut. “Bagi mereka yang tak punya waktu banyak, layanan ini sangat bermanfaat. Keren, tak hanya pengurusan SIM dan STNK, ngembalikan buku di Jatim sekarang juga bisa melalui Drive Thru,” kata Hadi (23) salah satu mahasiswa STIESA.

Dengan menggunakan motor tanpa perlu parkir, Hadi bisa mengembalikan sejumlah buku yang dipinjamnya ke petugas loket layanan Drive Thru. Tak sampai 5 menit, Hadi pun bisa segera melanjutkan aktivitasnya lagi.

Upaya Dinas Perpustakaan Jatim untuk meningkatkan kunjungan dan literasi membaca  mendapat apresiasi masyarakat.  Apalagi keberadaannya yang dekat dengan lingkungan kampus dan sekolah, membuat Dinas Perpustakaan yang memiliki lebih dari 250 ribu koleksi judul ini selalu ramai dikunjungi. Setiap hari, rata-rata jumlah kunjungan mencapai 300-400 orang. Pengunjung memiliki latar belakang beragam, tak hanya pelajar dan mahasiswa, guru dan dosen, ibu rumah tangga hingga PNS juga banyak yang memanfaatkan koleksi Dinas Perpustakaan untuk menambah ilmu.  tis