Banjir Surut, Aktivitas di RSI Surabaya Kembali Normal

Istimewa
IGD RSI Wonokromo terus dibersihkan akibat banjir Jumat (31/1/2020) malam.

SURABAYA (global-news.co.id) – Aktivitas Rumah Sakit Islam (RSI)  Wonokromo Surabaya kembali normal, Sabtu (1/2/2020) pagi setelah sempat diterjang banjir pasca hujan deras mengguyur Surabaya, Jumat (31/1/2020) sore.

Direktur Rumah Sakit Islam Surabaya Samsul Arifin mengatakan, banjir yang sempat merendam ruang perawatan Jumat (31/1/2020) malam telah kering dalam waktu empat jam. Kondisi rumah sakit kembali bersih dan pelayanan terhadap pasien kembali normal, Sabtu (1/2/2020) pagi.

“Meski terkena banjir semalam, namun akibat karyawan yang dinas malam yang spontan bahu membahu membersihkan, dalam empat jam sudah bersih,” katanya, Sabtu (1/2/2020).

Samsul mengatakan ada ruangan-ruangan yang saat ini masih dalam proses pembersihan di antaranya gudang dan ruang yang memiliki instalasi komputer. Sementara ruang perawatan instalasi gawat darurat (IGD) sudah banyak pasien yang berdatangan. “Semalam dicopoti semua, sekarang masih dibersihkan,” katanya.

Dari pantauan di rumah sakit, masih ada beberapa petugas kebersihan yang melakukan pembersihan dalam ruang perawatan. Seperti yang terlihat dalam IGD yang semalam sempat terendam banjir, kini sudah terlihat lebih bersih.

Samsul mengakui saat banjir terjadi, membuat pelayanan sempat terganggu. Meski pelayanan terhadap pasien tetap diutamakan namun banyak yang juga harus membantu membersihkan, menyelamatkan barang-barang dan peralatan rumah sakit.

Pihak rumah sakit mengaku jika dalam beberapa tahun terakhir tidak pernah terjadi banjir. Hal ini dimungkinkan akibat curah hujan yang sangat tinggi yang berlangsung kurang lebih empat jam.

Sementara itu pihak Pemerintah Kota Surabaya melakukan bersih-bersih di gorong-gorong yang ada di sebelah rumah sakit dan membuat saluran baru di kawasan tersebut. pur, ine