2.000 Personel Cadangan Disiapkan untuk Kawal Laga Final Piala Gubernur Jatim

Suporter sepak bola mengantre untuk membeli tiket final pertandingan Piala Gubernur Jawa Timur di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020). Final Piala Gubernur Jawa Timur akan mempertandingkan Persebaya melawan Persija.

SIDOARJO (global-news.co.id)  – Sebanyak 2.000 personel cadangan ditambahkan untuk mengamankan laga final Piala Gubernur Jatim antara Persebaya Surabaya Vs Persija Jakarta. Pengamanan akan dilakukan dengan membentuk tiga ring dan menempatkan personel di jalur kepulangan para supporter.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumadji mengatakan ring satu, dua tiga sudah dipersiapkan termasuk rutenya. Pasukan yang dilibatkan merupakan gabungan TNI dan Polri.  “Ada 7.000 personel dan kami perkuat lagi cadangannya 2.000 jadi total 9.000 personel,” katanya, Kamis (20/2/2020).

Sejak Kamis pagi, sejumlah personel pengamanan laga final Piala Gubernur Jatim yang digelar di GOR Gelora Delta Sidoarjo sudah berdatangan stadion. Usai dilakukan apel, para petugas gabungan dari TNI Polri ini akan menempati di pos masing-masing.

Tidak saja menggunakan pola penjagaan tiga ring, petugas keamanan juga melakukan penjagaan di jalur kepulangan para supporter. Hal ini guna mencegah adanya tindak kerusuhan maupun anarkisme di jalan.

Laga digelar pada Kamis (20/2/2020) sore antara Perebaya FC dan Persija Jakarta. Pertandingan akan steril dari supporter Persija. Laga ini disiarkan langsung oleh MNCTV. Sementara itu, tiket di loket yang berada di stadion ludes terjual hanya dalam waktu satu jam. Ribuan supporter telah mengantre tiket sejak pagi, bahkan ada yang rela menginap.

Naik Rantis

Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan kendaraan taktis (rantis) untuk mengawal Persija Jakarta yang akan menjalani laga final Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020) sore. Langkah ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam sejarah sepak bola Indonesia, pertemuan kedua tim memang kerap berlangsung ‘panas’. Karena itu Polda Jatim bakal bersiaga penuh termasuk melindungi para pemain.

“Kami akan kawal ketat dan menyiapkan rantis dua tim untuk mendampingi Persija. Kami optimal agar final berjalan lancar,” ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Demi menghindari gesekan antar suporter, Polda Jatim melarang pendukung Persija untuk datang ke stadion. Sementara suporter Persebaya mendapat izin untuk mendatangi arena pertandingan. “Ada 5.704 personel yang mengamankan di area lapangan (stadion). Yang berjaga dari seluruh jajaran ada total 8.900 personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP,” ucap Luki.

Pengamanan dilakukan dalam empat titik. Petugas akan terus melakukan pemeriksaan demi keamanan dan kelancaran selama pertandingan. “Saat ini semua anggota sudah berjaga di area yang mengarah ke Sidoarjo. Ini mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” tuturnya. pur, ine, ins