Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Waspada, Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi hingga 12 Januari

BMKG memperkirakan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir berpotensi terjadi di 33 provinsi di Indonesia dari 5 hingga 12 Januari 2020.

JAKARTA (global-news.co.id) – Masyarakat harus hati-hati dan waspada karena cuaca ekstrem masih akan terjadi di Indonesia. Hal ini seiring dengan peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memperkirakan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir berpotensi terjadi di 33 provinsi di Indonesia dari 5 hingga 12 Januari 2020. Selain hujan lebat, gelombang tinggi juga berpeluang melanda sejumlah perairan di Tanah Air.

“Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan masih adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono R. Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin (6/1/2020).

Berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) dan meningkatnya pola Tekanan Rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia.

BMKG menjelaskan, meningkatnya pola tekanan rendah di BBS (sekitar Australia) dapat membentuk pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan belokan angin menjadi signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator.

Sementara itu berdasarkan model prediksi, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah diprediksikan mulai aktif di sekitar wilayah Indonesia selama periode sepekan ke depan, kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini:

Periode 5-8 Januari 2020

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.Banjir

Periode 9-12 Januari 2020

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Gelombang Tinggi

Sementara potensi ketinggian gelombang laut di wilayah Indonesia hingga mencapai lebih dari 2,5 meter dapat terjadi di beberapa wilayah perairan sebagai berikut untuk sepekan ke depan:

Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian timur, perairan utara Kepuluan Anambas-Kepulauan Natuna, perairan selatan Jawa Barat hingga Sumba, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan, perairan Pulau Sawu-Rote, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, dan Laut Banda.

Perairan Kepulauan Kai-Aru, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan Halmahera bagian utara, perairan Pulau Morotai, perairan timur Pulau Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat hingga Papua, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada,” imbau BMKG. jef, tri, okz

baca juga :

Porprov Jatim, Fasilitas Pendukung Venue Harus Bersih

Tanpa Pelatih Kepala, Dewa United Jadi Ujian Perdana PSIS

Redaksi Global News

Kaesang Kampanye Akbar PSI di Sidoarjo: Jangan Lupa Coblos Prabowo-Gibran

gas