Ketua PP Muhammadiyah, Prof Yunahar Ilyas Meninggal Dunia, Dimakamkan di Yogya

YOGYAKARTA (global-news.co.id) – Innalillahi wa innailaihi rajiun. Warga Muhammadiyah berduka. Ketua Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Prof Dr Yunahar Ilyas (64) meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Sardjito Yogyakarta pada Kamis (2/1/2019) malam pukul 23.47.

Kabar wafatnya Prof Yunahar Ilyas disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrahman. Seperti dimuat muhammadiyah.or.id, pelepasan jenazah Prof Yunahar Ilyas dilakukan Jumat siang ini di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pukul 13.00.

“Setelah pelepasan, jenazah dimakamkan di Pemakaman Muslim Karangkajen,” kata Agus Taufiqurrahman, Jumat (3/1/2019) pagi ini.

Saat ini jenazahnya disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro No 23 Yogyakarta.

Yunahar Ilyas yang juga menjabat wakil ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) belakangan ini sakit dan dirawat di RS.

Agus menjelaskan, semula akan menjalani persiapan cangkok ginjal. “Namun karena kondisi Prof Yun menurun kemudian dirawat di ICU,” katanya.

Menurut dia, sosok Yunahar merupakan ulama besar yang sangat berdedikasi tinggi terhadap dakwah Islam. Bahkan dalam kondisi sakit Yunahar masih aktif berdakwah.

Kunjungan terakhir di Jawa Timur saat mengisi Kajian Ramadhan di Universitas Muhammadiyah Malang Mei 2019 lalu.

Yunahar yang menjadi guru besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987 itu lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 22 September 1956.

Selama masa sekolah ditempuh di kota kelahirannya. Setamat sarjana muda Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang tahun 1978, dia langsung kuliah ke Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Ibnu Saud Riyadh, Saudi Arabiyah lulus 1983 mendapat gelar Lisence (Lc).

Kemudian menamatkan sarjana kembali ke Fakultas Tarbiyah IAIN Padang dan tamat 1984. Lulus Magister Agama Islam jurusan Aqidah dan Filsafat Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogya tahun 1996. Ambil Program Doktor Ilmu Agama Islam juga IAIN Sunan Kalijaga lulus 2004.

Yunahar pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah. (moi)