Polisi – Dinkes Tuban Ajak Warga Antisipasi Virus Corona

 

 

Kapolres Tuban saat menyosialisasikan antisipasi terhadap virus corona, Rabu (29/1/2020).

TUBAN (global-news.co.id) – Mewabahnya virus corona membuat jajaran Polres Tuban melakukan langkah antisipasi. Langkah itu ditempuh Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan sosialisasi terkait wabah corona.

Sosialisasi digelar di Balai Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Rabu (29/1/2020), dihadiri sekitar 500 warga. Selain itu, tampak hadir Kepala Dinkes Tuban dr. Bambang Priyo Utomo, Kasat Intel AKP M. Sholeh, Kasat Binmas AKP Mardiyah, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Camat Semanding, Kapolsek Semanding, Danramil Semanding, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga Desa Prunggahan Kulon.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengaku, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat tidak resah dan selalu menyaring informasi terkait fenomena penyakit yang mematikan ini. Dan diharapkan masyarakat tidak mudah terprovokasi atau memberikan informasi atau kabar hoax terkait wabah tersebut.

“Jangan memberikan informasi hoax terkait masalah virus corona tersebut karena bisa dijerat UU ITE No 19 tahun 2016. Dan jangan panik, tetap waspada dengan cara pencegahan yang sudah dijelaskan tim dokter Dinas Kesehatan Tuban,” kata kapolres, Rabu (29/1/2020).

Ia menyatakan, virus corona penyebarannya melalui pernafasan, dari radang tenggorokan yang dimulai dengan demam tinggi, tenggorokan kering sampai batuk. “Virus ini bisa menyerang pada siapapun dan yang lebih rentan terkena pada Lansia dan Balita. Bahaya model penularannya yaitu dari hewan liar, penularannya juga bisa dari manusia ke manusia. Untuk yang batuk, kalau bisa memakai masker, jaga kesehatan dan rajin cuci tangan yang bersih dengan sabun,” kata Nanang.

Sementara Kadinkes Tuban, dr Bambang Priyo Utomo bersama tim dokter mengimbau agar masyarakat tidak resah mendengar masalah wabah virus corona. Sebab, virus tersebut tidak akan menular bila tidak kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

“Virus corona cirinya yaitu radang pernafasan pada manusia, batuk dan demam serta penularanya dari manusia ke manusia,” tambahnya.

Terkait cara pencegahannya, masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau gunakan masker saat batuk dan bersin. Sehingga tidak menular ke orang lain dan segera berobat jika sakit.  dtk, mem